Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy S22 Ultra dan iPhone 14 Pro Max Direndam Lalu Dibekukan 10 Jam, Bagaimana Nasibnya?

Kompas.com - 03/10/2022, 11:00 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Ketahanan dari air merupakan salah satu fitur yang diunggulkan smartphone flagship. Sebagai smartphone flagship, Samsung Galaxy S22 Ultra dan iPhone 14 Pro Max juga dibekali dengan fitur ketahanan air dengan sertifikasi IP68.

Secara teori, IP rating tersebut memungkinkan perangkat tahan dari debu serta air hingga kedalaman 1,5 meter dalam 30 menit. Untuk membuktikannya, youtuber Tech Trimmers menguji ketahanan air Samsung Galaxy S22 Ultra dan iPhone 14 Pro Max.

Dia memasukan kedua smartphone itu ke dua wadah secara terpisah. Tech Trimmers kemudian memasukan minuman bersoda ke setiap wadah tersebut dalam keadaan smartphone menyala. Dia juga memasang stopwatch pada masing-masing ponsel agar pengujiannya lebih transparan.

Baca juga: Gambar Jernih Pemotretan Pakai Fitur Zoom Samsung Galaxy S22 Ultra Viral di Twitter, Ini Faktanya

Selanjutnya kedua wadah itu ditutup dan dimasukan ke freezer selama 10 jam.

Samsung Galaxy S22 Ultra (kanan) vs iPhone 14 Pro Max (kiri)Tech Trimmers Samsung Galaxy S22 Ultra (kanan) vs iPhone 14 Pro Max (kiri)

Untuk menghitung durasinya, Tech Trimmers juga memasang stopwatch pada ponsel lain dan membiarkan Galaxy S22 Ultra dan iPhone 14 Pro Max dalam freezer.

Setelah 10 jam, kedua kotak berisi Galaxy S22 Ultra dan iPhone 14 Pro Max itu membeku. Tampilan kedua ponsel bahkan menunjukkan dalam posisi mati, tak lagi menyala seperti saat dimasukan ke freezer.

Namun tampilan tersebut ternyata hanya karena perangkat terkunci otomatis, bukan mati sepenuhnya.

Hasilnya, Galaxy S22 Ultra dapat berfungsi dengan baik meskipun direndam dalam air dan dibekukan. Begitu pula ketika youtuber itu mengoperasikan kamera depan atau belakang perangkat. Bahkan tidak ditemukan jejak air sama sekali pada layar maupun tampilan kameranya.

Baca juga: iPhone 14 Sudah Dipajang di Situs Apple Indonesia, Kapan Dirilis?

Tech Trimmers bahkan memutar musik di Youtube dari Galaxy S22 Ultra guna memeriksa apakah speakernya berfungsi dengan baik.

Dengan hasil tersebut, Tech Trimmers menyimpulkan bahwa Galaxy S22 Ultra lulus pengujian.

Serupa dengan Galaxy S22 Ultra, iPhone 14 Pro Max juga tampak masih berfungsi setelah melalui pengujian dengan direndam dalam air dan dibekukan.

Saat dijajal, kamera depan dan belakangnya juga berfungsi dengan baik. Hanya saja, speakernya terdengar memiliki noise ketika ponsel memutar musik. Menurut Tech Trimmers, kemungkinan noise tersebut karena adanya air yang masuk ke speaker, namun akan kembali pulih ketika ponsel mengering.

Terlepas dari sedikit noise pada speakernya, iPhone 14 Pro max juga terbilang lulus uji ketahanan air, bahkan setelah melalui kondisi cukup ekstrem karena dibekukan.

Kesimpulannya, baik Galaxy S22 Ultra maupun iPhone 14 Pro Max bisa melalui pengujian ketahahan air dengan performa yang mumpuni. Jadi, bila pengguna memakai ponsel ini saat hujan, tampaknya tak menjadi kendala berarti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GizChina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com