Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 6 Kini Dianggap HP "Kuno"

Kompas.com - 04/10/2022, 07:01 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - iPhone 6 kini dikategorikan sebagai iPhone kuno atau lawas (vintage) mengingat usianya yang sudah lebih dari 8 tahun. Karena masuk dalam daftar iPhone lawas, ponsel ini tak akan lagi menerima pembaruan software dari Apple.

Daftar ini dibuat Apple untuk merangkum perangkat yang sudah dihentikan distribusi penjualannya sejak 5 sampai kurang dari 7 tahun yang lalu.

iPhone 6 sendiri merupakan ponsel yang diluncurkan Apple pada tahun 2014. Namun, penjualannya baru dilakukan pada tahun 2015.

Baca juga: Ditinggal Tidur, iPhone 6 Plus Milik Wanita Ini Terbakar Sendiri

iPhone 6 dirilis di negara-negara tertentu sebagai iPhone murah dan dijual hingga tahun 2018. iPhone 6 kemudian disetop pada 2019, seiring dirilisnya iOS 13. iOS 13 sendiri hanya bisa dipasang di iPhone 6s.

Karena usianya sudah lebih dari 5 tahun sejak penjualan, Apple sekarang menambahkan iPhone 6 ke daftar "iPhone kuno", menyusul iPhone 6s, iPhone 6s Plus dan iPhone 6 Plus yang lebih dulu ditambahkan pada Februari lalu.

Meski dikategorikan lawas, Apple masih menyediakan fasilitas service dan suku cadang pada sejumlah iPhone vintage termasuk iPhone 6, hingga 7 tahun atau sesuai ketentuan yang berlaku di tiap wilayah. Akan tetapi, perbaikannya bergantung pada ketersediaan suku cadang.

Selain iPhone 6, beberapa generasi iPhone yang dikategorikan vintage oleh Apple yaitu sebagai berikut.

Daftar iPhone yang dianggap kuno

  • iPhone 4 (8GB)
  • iPhone 5
  • iPhone 5C
  • iPhone 5S
  • iPhone 6
  • iPhone 6 Plus
  • iPhone 6s (32 GB)
  • iPhone 6s Plus (32 GB)

Dihimpun KompasTekno dari MacRumors, Selasa (4/10/2022), iPhone 6 dan iPhone 6 Plus merupakan perangkat pertama yang mendukung layanan Apple Pay.

Kedua perangkat ini juga menandai pertama kalinya Apple menawarkan iPhone dalam pilihan ukuran yang berbeda. Sejak saat itu, Apple terus mengadopsi strategi yang sama untuk iPhone 7 dan seterusnya.

Selain menambahkan iPhone 6 ke daftar perangkat vintage alias kuno, Apple juga memperbarui daftar lainnya seperti daftar perangkat usang (obsolete).

Baca juga: iPhone 6 Meledak, Apple Dituntut

Hampir serupa dengan daftar vintage, daftar ini juga merangkum perangkat distribusi penjualannya sudah disetop Apple, namun, lebih dari 7 tahun sejak perangkat dijual.

Apple memindahkan beberapa perangkat dari daftar vintage ke daftar usang, seperti iPod nano 7 2012 dan iPod touch generasi kelima. Sebagai gantinya, iPod nano 2015 kini dimasukkan ke daftar iPod vintage.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com