Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Mengatasi AirPods Eror atau Tidak Bisa Tersambung ke Perangkat Apple

Kompas.com - 05/10/2022, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - AirPods merupakan earphone bluetooth untuk perangkat Apple seperti iPhone, iPad, atau Macbook. AirPods terdiri dari dua komponen, yakni wadah (case) pengisi daya dan dua buah earphone (kanan-kiri).

Untuk menghubungkan AirPods pertama kali ke perangkat Apple, caranya cukup mudah. Pengguna tinggal membuka tutup wadah AirPods dan sesaat kemudian klik opsi “Connect” atau “Hubungkan” yang tertera di perangkat Apple.

Baca juga: iPhone 14 Ramai Ditawarkan di Indonesia, Harga Mulai Rp 18 Juta-Rp 38 Jutaan

Bila AirPods telah dipakai di perangkat Apple, cara menghubungkannya kembali lebih mudah. Pengguna tinggal membuka tutup wadah AirPods dan secara otomatis bakal terhubung dengan perangkat Apple di dekatnya.

Kendati cara menghubungkannya mudah, namun dalam beberapa kondisi tertentu pengguna mungkin dapat pula mengalami masalah AirPods eror atau tidak bisa tersambung (connect) ke perangkat Apple.

Lantas, kenapa AirPods tidak bisa tersambung? Salah satu penyebab AirPods tidak mau connect adalah baterainya habis. Saat kehabisan baterai, AirPods tidak bakal bisa disambungkan dengan perangkat Apple.

Selain itu, masalah AirPods eror juga bisa disebabkan karena terdapat bug pada pengaturannya, sehingga butuh untuk direset. Dengan beberapa penyebab itu, lalu bagaimana cara mengatasi AirPods tidak mau connect?

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan cara mengatasi AirPods tidak mau connect, sebagaimana dilansir laman resmi Apple.

Cara mengatasi AirPods tidak mau connect

1. Pastikan baterai AirPods masih tersedia

Cara yang pertama adalah dengan memastikan ketersediaan baterai AirPods. Di iPhone atau iPad, untuk melihat sisa daya AirPods yang tersambung, caranya bisa melalui widget baterai. Sedangkan di Macbook, caranya klik ikon bluetooth yang tertera di bar menu.

Ilustrasi cara cek status daya pada AirPods lewat widget baterai di iPhone.Apple.com Ilustrasi cara cek status daya pada AirPods lewat widget baterai di iPhone.

Bila baterainya habis, masukkan earphone AirPods ke wadahnya dan sambungkan dengan pengisi daya. Tunggu hingga penuh, lalu coba sambungkan kembali AirPods dengan perangkat Apple.

2. Pastikan bluetooth di perangkat Apple telah aktif

Cara mengatasi AirPods tidak mau connect yang berikutnya adalah dengan memastikan koneksi bluetooth di perangkat Apple telah aktif. AirPods tidak bakal bisa terdeteksi dan terhubung bila koneksi bluetooth di perangkat Apple dimatikan.

Ilustrasi cara cek status bluetooth di Macbook untuk dihubungkan dengan AirPods. KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara cek status bluetooth di Macbook untuk dihubungkan dengan AirPods.

Di iPhone atau iPad, status koneksi bluetooth bisa dilihat lewat menu pengaturan cepat atau Pusat Kontrol. Sedangkan di Macbook, status koneksi bluetooth bisa dilihat lewat ikon bluetooth yang terdapat di bar menu.

Baca juga: iOS 16 Bikin Boros Baterai iPhone? Coba Matikan Fitur Ini

3. Pastikan audio perangkat Apple menggunakan AirPods

Audio perangkat Apple harus dipastikan telah menggunakan AirPods. Setelah tersambung ke perangkat Apple, AirPods umumnya secara otomatis bakal diatur menjadi sarana audio untuk menggantikan speaker internal.

Namun, dalam beberapa kondisi, perangkat Apple bisa tetap menggunakan speaker internal sebagai sarana audio, walaupun telah tersambung dengan AirPods. Sehingga, suara yang keluar dari perangkat Apple tidak bakal muncul di AirPods.

Ilustrasi cara cek apakah audio iPhone telah menggunakan AirPods atau belum.Apple.com Ilustrasi cara cek apakah audio iPhone telah menggunakan AirPods atau belum.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan audio perangkat Apple telah menggunakan AirPods. Untuk memastikan audio iPhone atau iPad telah menggunakan AirPods, caranya buka Pusat Kontrol dan klik ikon AirPlay (bulat-segitiga) di menu pemutaran audio.

Setelah itu, pastikan output audionya telah menggunakan AirPods. Sedangkan di Macbook, cara memastikan audionya telah menggunakan AirPods adalah dengan membuka opsi “Audio” di menu “System Preferences”. Lalu, klik opsi “Output”.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com