Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati, Ada Malware Tersembunyi di Balik Logo Windows Lawas

Kompas.com - 06/10/2022, 14:01 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Program berbahaya (malware) di komputer (PC) biasanya disisipkan peretas (hacker) melalui aplikasi atau software, tautan (link), hingga iklan yang mencurigakan.

Namun, hacker masa kini tampaknya semakin "canggih". Mereka kini mencoba menyebarkan dan menyisipkan malware yang mereka buat di dalam sebuah gambar.

Setidaknya begitu menurut firma keamanan siber yang biasa meneliti berbagai celah keamanan dan program berbahaya di internet, bernama Symantec.

Baca juga: Hati-hati, Link Download Zoom yang Disusupi Malware Beredar di Internet

Dalam laporan terbaru mereka, Symantec mengeklaim bahwa grup peretas yang biasa dijuluki "Witchetty" kini menggunakan teknik baru yang bernama "steganografi".

Steganografi adalah metode untuk menyembunyikan pesan tersembunyi dalam sebuah medium.

Dalam hal ini, Witchetty menggunakan teknik tersebut untuk menyembunyikan malware di dalam gambar logo Windows lawas, seperti logo Windows 7.

Program berbahaya yang sembunyi di balik logo tersebut bernama "Backdoor Trojan" (Backdoor.Stegmap) dan berisi kode-kode berbahaya yang bisa mengambil alih dan mengontrol komputer pengguna dari jarak jauh.

Jika perangkat sudah diambil alih, maka peretas Witchetty bisa saja mencuri informasi kredensial, begitu juga informasi penting lainnya, yang tersimpan di PC pengguna.

Untuk melancarkan aksi peretasan dengan teknik steganografi ini, Witchetty menyimpan gambar tersebut di berbagai layanan gratis di internet, salah satunya adalah Github, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PCMag, kamis (6/10/2022).

Apabila gambar tersebut sudah diunduh pengguna ke PC mereka masing-masing, maka kode-kode di dalam gambar tersebut bakal didekripsi (decrypted) dan malware akan terpasang di PC pengguna. Hacker lantas bisa mencuri kredensial dan mulai menginstal malware lain di dalam jaringan.

Baca juga: Waspada Situs Microsoft Palsu Sebar Windows 11 Berisi Malware Pencuri Password

Nah, untuk terhindar dari malware berkedok logo Windows ini, ada baiknya pengguna tetap berhati-hati apabila mengunduh gambar logo Windows dari internet.

Salah satu cara untuk tetap waspada adalah mengunduh gambar-gambar tersebut dari situs web resmi Microsoft, perusahaan yang memang membuat sistem operasi (OS) Windows.

Di sana, pengguna kemungkinan besar bakal menemukan logo-logo versi Windows terkini dan lawas, termasuk Windows 7, apabila memang diperlukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com