Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian dan Fungsi Control Panel Pada Komputer

Kompas.com - 07/10/2022, 17:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Bagi Anda yang sering menggunakan komputer atau laptop, pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah ‘Control Panel’. Control panel atau panel kendali dalam sebuah Windows merupakan tempat di mana Anda dapat mengatur semua yang ada dalam komputer.

Panel control memungkinkan Anda untuk menghapus dan menambahkan fitur perangkat keras maupun perangkat lunak komputer. Selain itu, melalui panel kendali, Anda juga dapat mengatur tampilan, suara, jaringan, tanggal dan waktu, font, dan masih banyak lagi.

Kali ini KompasTekno telah merangkum pengertian dan fungsi control panel dalam sebuah komputer.

Baca juga: Pengertian dan Fungsi Task Manager dalam Komputer

Pengertian Control Panel

Control panel adalah area kendali terpusat yang ada pada Windows komputer dan laptop. Melalui area tersebut, pengguna dapat melihat dan mengakses pengaturan sistem, mengontrol akun pengguna, hingga mengedit opsi aksesibilitas.

Secara sederhana, control panel dapat dipahami sebagai modul yang terdapat dalam perangkat lunak dan dirancang untuk menjalankan fungsi operasional komputer hingga menyediakan akses ke fitur perangkat lunak tertentu.

Fungsi Panel Control

Dalam area ini, Anda dapat mengatur beberapa fitur yang ada di komputer melalui bagian-bagian yang telah disediakan.

Menambahkan perangkat keras baru

Perangkat keras adalah semua perangkat fisik yang berada di luar komputer. Biasanya, perangkat ini dihubungkan melalui koneksi kabel USB dan bluetooth.

Cara untuk menambahkan atau menghubungkan perangkat keras ini disebut dengan plug and play, yakni dengan mencolokkan dan memfungsikan komponen tersebut.

Beberapa perangkat keras yang mungkin sering Anda jumpai adalah CPU, monitor, keyboard, mouse, hard disk, dan lain sebagainya.

Menambahkan atau menghapus program

Melalui panel control, kita dapat menambahkan aplikasi atau menghapus aplikasi yang lama. Kita juga dapat menambahkan ruang penyimpanan untuk aplikasi atau data-data yang ada di dalam komputer.

Hal ini dapat menghindarkan kita ketika sistem operasi tiba-tiba bermasalah, sehingga tetap dapat menggunakannya.

Mengatur tanggal dan waktu

Setiap komputer, laptop, maupun tablet dilengkapi dengan tanggal maupun penanda waktu yang terintegrasi dengan beberapa aplikasi tertentu dalam komputer.

Untuk mengatur tanggal dan waktu tersebut, Anda hanya perlu menuju ke panel control dan klik dua kali pada ikon tanggal dan waktu.

Baca juga: Macam-macam Topologi Jaringan Komputer

Menyesuaikan tampilan layar

Ikon tampilan yang ada di panel control memungkinkan Anda mengubah tampilan dan layar dalam komputer. Anda dapat mengatur mulai dari background, warna, lockscreen, hingga tema dengan memilih ikon taskbar and navigation.

Mengatur font

Dalam control panel, Anda juga dapat mengatur dan menyesuaikan font sesuai keinginan. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan font dengan menginstalnya.

Untuk mengatur font tersebut, Anda hanya perlu mengklik ikon font atau mengetikkan kata ‘font’ pada kolom pencarian.

Mengatur Keyboard, Joystick, Mouse, Modem, dan Printer

Jika Anda memilih ikon keyboard dalam control panel, layar akan menampilkan tiga pilihan yakni kecepatan (speed), bahasa (language), dan umum (general). Sementara pengkoneksian beberapa joystick juga dapat Anda atur dalam area panel control.

Adapun untuk mengatur mouse, Anda hanya perlu mengklik ikon mouse dan layar akan menampilkan beberapa pilihan yang dapat Anda sesuaikan. Kotak dialog nantinya akan memberikan opsi yakni buttons, pointers, wheel, hardware, dan device settings.

Melalui ikon modem, Anda juga dapat menambah, menghapus, dan mengaturnya. Begitu juga dengan menghubungkan printer, Anda dapat mengkoneksikan perangkat dengan kabel USB maupun bluetooth.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com