Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Setting APN Indosat dengan Mudah buat Akses Internet di HP

Kompas.com - 08/10/2022, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Setiap operator seluler, termasuk Indosat, umumnya punya pengaturan APN (Access Point Name). Untuk diketahui, APN adalah sistem pengaturan nama titik koneksi yang berfungsi menghubungkan jaringan seluler di handphone (HP) dengan jaringan internet.

Selain harus memiliki kuota data yang cukup, supaya bisa mengakses internet menggunakan jaringan seluler, pengguna juga perlu menambahkan pengaturan APN Indosat di HP terlebih dahulu.

Baca juga: 2 Cara Cek Nomor Indosat dengan Mudah via Kode UMB dan Aplikasi MyIM3

Biasanya, APN Indosat ditambahkan secara otomatis saat HP terhubung dengan jaringan seluler. Namun, di beberapa HP, pengguna kadang kala perlu untuk menambahkan secara manual pengaturan atau setting APN dari jaringan Indosat.

Bila belum ditambahkan, pengguna mungkin akan kesulitan saat hendak mengakses internet di HP menggunakan jaringan seluler Indosat. Oleh karena itu, pengguna bisa setting APN Indosat sendiri di HP.

Lantas, bagaimana cara setting APN Indosat di HP? Untuk setting APN Indosat, caranya bisa berbeda-beda antar HP. Adapun cara setting APN Indosat di HP Android dan iPhone secara garis besar adalah sebagai berikut.

Cara setting APN Indosat

Setting APN Indosat di Android

  • Buka menu “Settings” atau “Pengaturan”
  • Selanjutnya, buka menu pengaturan yang bertajuk semacam ini “Jaringan Seluler” atau “Mobile Network Settings”.
  • Kemudian, pilih jaringan seluler Indosat yang tengah digunakan saat ini dan klik opsi “APN”.
  • Ketik kode APN Indosat ini “Indosatgprs” (tanpa tanda kutip) di kolom yang tersedia. Kosongkan kolom password dan username dalam pengaturan APN.

Setting APN Indosat di iPhone

  • Buka menu “Settings”
  • Pilih menu pengaturan “Seluler” dan klik opsi “Jaringan Data Seluler”.
  • Setelah itu, bakal muncul halaman formulir pengaturan APN.
  • Ketik kode APN Indosat ini “Indosatgprs” (tanpa tanda kutip) di kolom yang tersedia. Kolom password dan username yang terdapat di halaman formulir pengaturan APN itu, tidak perlu diisi.

Setelah mengisi nama APN, baik di HP Android maupun iPhone, jangan lupa untuk menyimpan pengaturan tersebut. Kini, APN Indosat berhasil ditambahkan di HP dan bisa dicoba untuk mengakses internet.

Sebagai informasi tambahan, selain Indosat, APN juga tersedia pada operator-operator lain. Namun, tiap operator memiliki pengaturan nama APN yang berbeda-beda. Misalnya, APN Tri adalah “3data”. Sedangkan APN Telkomsel, yakni “Internet”.

Baca juga: Cara Cek Umur Kartu Indosat via Kode UMB dengan Mudah

Cukup mudah bukan cara setting APN Indosat? Demikianlah penjelasan seputar cara setting APN Indosat dengan mudah supaya bisa mengakses internet di HP, sebagaimana dilansir laman resmi Indosat, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com