Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Setting APN Telkomsel di HP Android dan iOS buat Akses Internet

Kompas.com - 09/10/2022, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - APN atau singkatan dari Access Point Name, merupakan sistem pengaturan nama titik koneksi yang berfungsi untuk menghubungkan jaringan seluler di handphone (HP) dengan jaringan internet.

Jadi, selain membutuhkan kuota data dari operator, pengguna juga perlu untuk menambahkan pengaturan APN supaya bisa mengakses internet di HP dengan jaringan seluler. Tiap operator, tak terkecuali Telkomsel, umumnya memiliki sistem APN.

Baca juga: Cara Registrasi Kartu Telkomsel via SMS untuk Pelanggan Baru dan Lama

APN Telkomsel biasanya bakal secara otomatis ditambahkan saat HP terhubung dengan jaringan seluler. Namun, di beberapa HP, kadang kala pengguna masih perlu mengatur atau setting APN Telkomsel secara manual.

Seandainya belum setting APN Telkomsel, pelanggan mungkin akan mengalami kendala saat hendak mengakses internet. Bila mengalami kendala seperti itu, lantas bagaimana cara setting APN Telkomsel di HP?

Untuk setting APN dari jaringan seluler Telkomsel, caranya bisa berbeda-beda antar HP. Adapun cara cara setting APN Telkomsel secara garis besar di HP berbasis Android dan iOS adalah sebagai berikut.

Cara setting APN Telkomsel

Setting APN Telkomsel di Android

  • Buka menu “Settings” atau “Pengaturan”
  • Setelah itu, klik menu pengaturan yang bertajuk semacam ini “Jaringan Seluler” atau “Mobile Network Settings”.
  • Kemudian, pilih jaringan seluler Telkomsel yang tengah digunakan saat ini dan klik opsi “APN”.
  • Ketik kode APN Telkomsel ini “Internet” (tanpa tanda kutip) di kolom yang tersedia. Kosongkan kolom password dan username dalam pengaturan APN.

Setting APN Telkomsel di iOS

  • Buka menu “Settings”
  • Pilih menu pengaturan “Seluler” dan klik opsi “Jaringan Data Seluler”.
  • Selanjutnya, bakal muncul formulir pengaturan APN.
  • Ketik kode APN Telkomsel ini “internet” (tanpa tanda kutip) di kolom yang tersedia. Kolom password dan username yang terdapat di formulir pengaturan APN itu tidak perlu diisi.

Selesai mengisi nama APN Telkomsel, baik di HP Android maupun iOS, silakan simpan pengaturan tersebut. Kini, APN Telkomsel berhasil ditambahkan di HP dan bisa dicoba untuk mengakses internet.

Untuk diketahui, selain Telkomsel, APN juga tersedia pada operator-operator lain. Namun, tiap operator memiliki pengaturan nama APN yang berbeda. Misalnya, APN untuk jaringan seluler Tri adalah “3data”. Sedangkan APN Smartfren, yakni “Smartfren4G”.

Baca juga: Cara Cek Umur Kartu Telkomsel dengan Mudah via Kode UMB

Cukup mudah bukan cara setting APN Telkomsel? Demikianlah penjelasan seputar cara setting APN Telkomsel di HP Android dan iOS supaya bisa mengakses internet, sebagaimana dilansir laman resmi Telkomsel, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com