Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Layar iPhone Tiba-tiba Macet? Begini Penyebab dan 5 Cara Mengatasinya

Kompas.com - 10/10/2022, 14:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Layar iPhone macet bisa terjadi secara mendadak atau tiba-tiba. Saat layarnya macet atau tidak bisa disentuh, mungkin bakal sangat merepotkan lantaran pengguna jadi tidak bisa mengoperasikan iPhone.

Lantas, kenapa layar iPhone tiba-tiba macet? Salah satu penyebab layar iPhone macet adalah terdapat bug pada sistem operasi. Perlu diketahui, sistem operasi iOS tidak selamanya sempurna, kadang kala juga terdapat bug.

Baca juga: iPhone 14 Ramai Ditawarkan di Indonesia, Harga Mulai Rp 18 Juta-Rp 38 Jutaan

Misalnya, bug pada iOS 16 yang bisa membuat sentuhan layar iPhone jadi tidak responsif. Selain bug pada sistem operasi, masih banyak lagi penyebab layar iPhone macet. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah daftar penyebab layar iPhone macet.

Penyebab layar iPhone macet

  • Bug pada sistem operasi.
  • Terdapat debu atau cairan di permukaan layar iPhone.
  • Mengisi daya dengan menggunakan cas yang bermasalah atau rusak.
  • Layar iPhone tidak bisa disentuh juga bisa disebabkan karena memakai screen guard yang terlalu tebal, sehingga mengganggu responsivitasnya.

Dengan penyebab seperti itu, lalu bagaimana cara mengatasi layar iPhone macet? Penjelasan yang lebih lengkap soal cara mengatasi layar iPhone macet, bisa dilihat di bawah ini.

Cara mengatasi layar iPhone macet

1. Restart iPhone secara paksa

Bila layar iPhone macet mendadak, silakan untuk muat ulang atau restart secara paksa. Ini berfungsi untuk menyegarkan kembali sistem yang terganggu karena terdapat bug. Adapun cara restart iPhone secara paksa adalah sebagai berikut:

  • Tekan dan lepas tombol volume atas secara cepat
  • Tekan dan lepas tombol volume bawah secara cepat
  • Kemudian, tekan dan tahan terus tombol power hingga muncul logo Apple, lalu lepaskan.
  • Setelah iPhone mati, silakan tekan tombol power untuk menyalakannya kembali.

Untuk diketahui, cara restart paksa di atas hanya berlaku pada seri iPhone yang mendukung iOS 16. Bila menggunakan seri iPhone lain, caranya bisa dibaca lebih lanjut di artikel ini “3 Cara Restart iPhone Tanpa Menyentuh Layar”.

Baca juga: iOS 16 Bikin Boros Baterai iPhone? Coba Matikan Fitur Ini

2. Update iOS

Versi iOS terbaru biasanya membawa perbaikan pada sejumlah bug, tak terkecuali bug yang bisa mengakibatkan masalah pada layar sentuh iPhone. Oleh karena itu, salah satu cara mengatasi layar iPhone macet adalah dengan melakukan pembaruan atau update iOS.

Untuk update iOS, terdapat dua cara yang bisa dilakukan, yakni pertama, dengan Over the Air (OTA) atau langsung mengunduh di menu pengaturan iPhone. Kedua, bisa juga dengan aplikasi iTunes di desktop.

Penjelasan cara update iOS yang lebih lengkap bisa dibaca di artikel ini “2 Cara Update iOS pada iPhone via OTA dan iTunes”.

3. Bersihkan permukaan layar

Bersihkan permukaan layar iPhone dari debu dan cairan, dengan menggunakan bahan yang halus (tidak korosif), seperti kain atau tisu. Setelah sekiranya tampak bersih, coba sentuh dan gerakkan kembali layar iPhone.

4. Cabut cas

Cas dalam kondisi rusak biasanya mengeluarkan output daya yang tidak stabil. Ini dapat berpotensi membuat layar iPhone tidak bisa disentuh ketika diisi daya. Oleh sebab itu, cabut cas dari iPhone dan ganti dengan yang baru.

5. Lepas screen guard

Screen guard yang terlalu tebal bisa membuat layar iPhone jadi tidak responsif ketika disentuh. Jadi, cara mengatasi layar iPhone macet juga bisa dilakukan dengan melepas screen guard yang terpasang.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Hotspot iPhone yang Tidak Bisa Tersambung

Demikianlah penjelasan seputar penyebab dan lima cara mengatasi layar iPhone macet secara mendadak, sebagaimana dilansir laman resmi Apple, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com