Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Berbayar Mulai Digulirkan, Ini Beda dengan Biasa

Kompas.com - 11/10/2022, 07:30 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatsApp maupun WhatsApp Business selama ini tersedia secara gratis. Sejumlah fiturnya juga dapat digunakan cuma-cuma tanpa biaya tambahan. Namun praktik ini tampaknya akan berubah bila bocoran terbaru soal aplikasi pesan instan itu terbukti.

Menurut situs yang seringkali membocorkan fitur WhatsApp, WABetaInfo, aplikasi WA Bisnis dilengkapi dengan fitur baru, namun berbayar. Fitur itu disebut WhatsApp Premium yang merupakan paket berlangganan untuk menunjang komunikasi bisnis pengguna melalui WA Business.

Berdasarkan temuan WABetaInfo, WhatsApp Premium sudah diluncurkan perusahaan ke pengguna WA Business versi beta baik untuk Android maupun iOS di beberapa negara.

Baca juga: Grup WhatsApp Bakal Tampung 1.024 Orang

Paket berlangganan ini tersedia sebagai opsi tambahan dari WA Business gratis. Namun biayanya kemungkinan berbeda di tiap negara. Lantas apa beda WhatsApp Business berbayar (WA Premium) dengan biasa?

Satu akun bisa dipasang di 10 perangkat

WhatsApp Premium dilengkapi dengan sejumlah fitur canggih seperti cara yang lebih baik untuk menjangkau pelanggan, hingga peningkatan ketika menautkan WA Bisnis ke perangkat baru.

Menurut gambar tangkapan layar (screenshot) yang dibagikan WABetaInfo, akun WA Bisnis yang berlangganan WA Premium bisa memiliki tautan pendek yang unik dan dapat disesuaikan.

Misalnya https://wa.me/mybusiness, atau tautan yang disesuaikan dengan nama toko agar lebih mudah diingat pelanggan.

Tautan custom WhatsApp PremiumWABetaInfo Tautan custom WhatsApp Premium

Tautan itu nantinya bisa diubah setiap 90 hari (3 bulan) sekali. Namun ketika paket WhatsApp Premium kedaluwarsa, maka tautan itu juga tak berlaku lagi.

Fitur lainnya yang ditawarkan WhatsApp Premium yaitu kemampuan untuk menautkan akun WhatsApp Business hingga ke 10 perangkat. Dengan demikian, pengguna akan lebih mudah mengelola obrolan, utamanya ketika satu akun menerima banyak obrolan dari pelanggan.

Baca juga: Fitur WhatsApp Business Search Segera Meluncur, Indonesia Kebagian Lebih Awal

Sejauh ini WhatsApp Premium versi beta tersedia gratis untuk pengguna WA Bisnis tertentu. Untuk memastikannya, pengguna bisa membuka pengaturan (Settings) WhatsApp.

Bila pengguna menemukan opsi WhatsApp Premium, maka ia memenuhi syarat untuk menggunakan paket tersebut, begitu pula sebaliknya.

Karena merupakan paket opsional, berlangganan WhatsApp Premium tidak akan mengubah pengalaman penggunaan WA Bisnis. Selain itu, paket ini juga dapat dihentikan kapanpun melalui Play Store atau App Store.

Sayangnya belum diketahui kapan paket WhatsApp Premium akan tersedia dalam versi stabil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WABetaInfo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com