Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TWS Samsung Galaxy Buds 2 Pro Bisa Ingatkan Pengguna Jika Menunduk Terlalu Lama

Kompas.com - 11/10/2022, 16:27 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

BALI, KOMPAS.com - Selain fitur audio yang mumpuni, perangkat True Wireless Stereo (TWS) Samsung Galaxy Buds 2 Pro juga dibekali dengan fitur kesehatan.

Salah satunya adalah Neck Stretch Reminder. Seperti namanya, fitur ini berguna untuk mengingatkan pengguna apabila mereka menunduk terlalu lama ketika menggunakan Galaxy Buds 2 Pro.

Riset dari Cleveland Clinic yang bisa dibaca melalui tautan berikut ini, menyebut bahwa terlalu lama menunduk melihat smartphone dapat meningkatkan risiko munculnya rasa sakit yang berasal dari leher.

Nah, fitur Neck Stretch Reminder di Galaxy Buds 2 Pro ini berguna untuk meminimalisasi efek negatif tersebut.

Baca juga: Update Galaxy Buds 2 dan Buds Live, Suara Jadi Mirip di Bioskop

Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia, Annisa Nurul Maulina, mengatakan bahwa TWS ini akan mengirimkan pengingat melalui notifikasi ponsel setiap beberapa menit sekali.

Fitur ini, menurut Annisa, mengandalkan teknologi dan sensor yang ada di Galaxy Buds 2 Pro yang bisa mendeteksi gerakan kepala, termasuk menunduk.

Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia, Annisa Nurul Maulina dalam acara Flex Ground Trip di Hotel Indigo Seminyak, Bali, Senin (10/10/2022).KOMPAS.com/BILL CLINTEN Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia, Annisa Nurul Maulina dalam acara Flex Ground Trip di Hotel Indigo Seminyak, Bali, Senin (10/10/2022).
"Ketika pengguna Galaxy Buds 2 Pro menunduk dan meliat sebuah konten dengan waktu 10 menit, perangkat tersebut akan memberikan pengingat bahwa posisi duduk mereka tidak terlalu bagus," ujar Annisa kepada KompasTekno dalam acara "Flex Ground Trip" di Hotel Indigo Seminyak, Bali, Senin (10/10/2022).

Selain pengingat risiko sakit leher, Annisa mengatakan bahwa Galaxy Buds 2 Pro juga akan mengirimkan pengingat kepada pengguna yang duduk terlalu lama.

"Galaxy Buds 2 Pro juga akan mengirimkan pengingat bahwa pengguna harus meregangkan otot mereka, apabila perangkat tersebut mendeteksi pengguna duduk terlalu lama," imbuh Annisa.

Baca juga: Fitur Andalan Android 12L di Samsung Galaxy Z Fold 4, dari Multi-window hingga Taskbar

Perlu dicatat, fitur ini secara default dinonaktifkan, sehingga tidak akan mendeteksi kegiatan pengguna menunduk secara otomatis ketika Samsung Galaxy Buds 2 Pro pertama kali dipakai.

Pengguna bisa mengaktifkan fitur tersebut dengan cara mengunjungi aplikasi Galaxy Wearables, serta mengakses menu "Earbuds Settings" > dan "Neck Stretch Reminders".

Tertarik menjajal fitur ini? Pengguna bisa membeli Galaxy Buds 2 Pro di sejumlah toko mitra Samsung secara offline dan online dengan harga Rp 2,8 juta. Varian warna yang tersedia adalah Bora Purple, White, dan Graphite.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com