Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Canggihnya Galaxy Z Flip 4 Bisa Jadi "Laptop Kecil"

Kompas.com - 12/10/2022, 08:40 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

BALI, KOMPAS.com - Galaxy Z Flip 4 dibekali sejumlah fitur yang diklaim bisa memaksimalkan beragam kegiatan pengguna. Salah satu fitur menarik yang ada di perangkat tersebut adalah Flex Mode.

Dengan fitur ini, pengguna bisa menekuk layar Galaxy Z Flip 4 dengan sudut kemiringan 75-115 derajat, sehingga perangkat tersebut seakan tampil seperti "laptop mungil".

Tak hanya tampilannya saja, sebagian besar aplikasi yang mendukung fitur Flex Mode juga bisa dioperasikan melalui panel sentuh alias touchpad yang juga ada di perangkat laptop.

Baca juga: Samsung Pamer Ketangguhan Galaxy Z Fold 4 dan Z Flip 4, Ponsel Direndam dan Dilipat Berkali-kali

Nantinya, tampilan touchpad akan diposisikan di bagian bawah layar ketika Galaxy Z Flip 4 berada di dalam mode Flex Mode.

Sementara bagian atas layar akan menyuguhkan tampilan utama aplikasi tersebut, lengkap dengan pointer ikonik dengan bentuk "tanda panah" berwarna putih yang juga biasa ditemui di antarmuka (UI) komputer Windows. 

Cara mengubah tampilan aplikasi menjadi dua ketika sedang ada di dalama mode Flex Mode di Galaxy Z Flip 4 .KOMPAS.com/BILL CLINTEN Cara mengubah tampilan aplikasi menjadi dua ketika sedang ada di dalama mode Flex Mode di Galaxy Z Flip 4 .

 

Fitur touchpad di Flex Mode sendiri tidak aktif dan muncul secara otomatis. Sebab, fitur ini hanya akan muncul apabila pengguna mengaktifkan fitur Flex Mode secara spesifik pada aplikasi-aplikasi yang terpasang di perangkat.

Untuk memunculkan touchpad di berbagai aplikasi yang mendukung Flex Mode, pengguna bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka menu pengaturan alias "Settings"
  • Kunjungi menu "Advanced features"
  • Klik menu "Labs"
  • Pilih menu "Flex mode panel"
  • Selanjutnya, aktifkan toggle yang berada di sebelah kanan masing-masing aplikasi yang ingin dimunculkan fitur touchpad-nya
  • Jika sudah aktif, pengguna bisa membuka aplikasi tersebut ketika berada dalam mode Flex Mode
  • Lalu, klik ikon "jari menunjuk" yang ada di sebelah kanan bawah pada layar di bagian bawah

Perlu dicatat, fitur touchpad tidak bisa digunakan di berbagai aplikasi yang memang sudah memiliki UI tersendiri ketika digunakan di tampilan Flex Mode. Beberapa aplikasi tersebut seperti YouTube, Camera, Calendar, Gallery, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Samsung: Indonesia Sudah Jadi Pasar Ponsel Lipat yang Menjanjikan

Selain itu, fitur touchpad juga tidak bisa dipakai di aplikasi yang tidak mendukung Flex Mode seperti Instagram, AR Zone, aplikasi sistem macam Settings, dan lain sebagainya.

Nah, penasaran menjajal fitur touchpad di Flex Mode Galaxy Z Flip 4? Ponsel lipat Galaxy Z Flip 4 sudah bisa dibeli di Indonesia dengan harga Rp 14 juta (8 GB/128 GB), Rp 15 juta (8 GB/256 GB), dan Rp 17 juta (8 GB/512 GB).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com