Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Luncurkan Tablet Surface Pro 9 dengan 2 Varian Chip

Kompas.com - 13/10/2022, 08:45 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Microsoft meluncurkan lini tablet Surface terbaru, yaitu Surface Pro 9. Tablet ini tablet pertama hasil penggabungan seri Surface Pro reguler dengan Surface Pro X, yang dimulai tahun ini.

Peleburan seri Surface dilakukan Microsoft untuk menyederhakaan lini Surface Pro Microsoft. Sehingga diharapkan pelanggan akan lebih mudah memiliki perangkat berdasarkan kebutuhan.

“Kami menyederhanakan jajaran Surface Pro kami dengan Surface Pro 9. Sehingga memudahkan pelanggan untuk memilih perangkat berdasarkan kebutuhan individu, seperti kinerja dan konektivitas,” ujar juru bicara Microsoft, dirangkum KompasTekno dari Toms Hardware, Kamis (13/10/2022).

Baca juga: Ponsel Android Lipat Microsoft Surface Duo 2 Meluncur, Harga Rp 21 Juta

Microsoft merilis Surface Pro 9 dalam dua varian. Varian pertama adalah tablet Surface Pro 9 dengan prosesor Intel Core generasi ke-12 (Core i5-1235U dan Core i7-1225U).

Varian kedua adalah Surface Pro 9 dengan prosesor ARM SQ3 yang mendukung 5G. Microsoft tidak menyediakan koneksi seluler 5G untuk Surface Pro 9 varian Intel. Dengan demikian, jika pengguna ingin konektivitas mobile, maka opsinya hanya membeli varian ARM.

Varian chip ARM SQ3 juga mendukung neural processing unit (NPU). Fitur ini berguna seperti saat Surface Pro 9 dipakai untuk merekam video. Pengguna dapat memburamkan latar belakang video dan menghadirkan fitur Voice Focus untuk mengurangi suara bising dengan bantuan AI.

Kedua varian tablet yang dipaparkan di atas, memiliki perbedaan yang cukup signifikan, mulai dari layar, prosesor, baterai, dan fitur lainnya. Simak rincian spesifikasi dua varian Surface Pro 9 berikut ini.

Spesifikasi Surface Pro 9

Ilustrasi tampilan tablet Surface Pro 9The Verge Ilustrasi tampilan tablet Surface Pro 9

Di mulai dari bagian layar, Surface Pro 9 dibekali layar PixelSense Flow seluas 13 inci. Resolusi layar yang ditawarkan adalah 2.880 x 1.920 piksel, dengan aspect ratio 3:2, mendukung fitur layar sentuh (touch screen) dan refresh rate 120 Hz.

Namun, untuk varian Intel, didukung teknologi Dolby Vision IQ dan manajemen warna otomatis, sedangkan varian Arm (atau varian 5G) tidak dibekali teknologi tersebut.

Di bagian layar depan, perangkat masih dihiasi bezel yang cukup tebal untuk sisi atas dan bawahnya. Pada bezel bagian atas, terdapat sensor kamera yang dibenamkan di tengah layar dengan resolusi 10 MP dan 1.080 piksel untuk webcam.

Baca juga: Pasar PC dan Tablet Diprediksi Makin Lesu, Inflasi Penyebabnya

Untuk menunjang performanya, Surface Pro 9 varian Intel tampak lebih “bertenaga” dibandingkan varian Arm. Sebab, varian Intel dipadankan dengan RAM LPDDR5 32 GB dan media penyimpanan 1 TB SSD. Sedangkan, varian ARM dipadankan dengan RAM LPDDR4x 16 GB dan memori internal 512 SSD.

Di segi ketahanan Surface Pro 9 versi Intel diklaim mampu bertahan kurang lebih 15,5 jam, sementara varian Arm dapat bertahan 3,5 jam lebih lama, yaitu 19 jam.

Surface Pro 9Toms Hardware Surface Pro 9

Perbedaan lainnya adalah Surface Pro 9 varian Intel memiliki bobot lebih ringan, 879 gram. Sedangkan, varian ARM SQ3 memiliki bobot lebih berat, 883 gram dikarenakan memiliki pendingin ekstra.

Baca juga: Microsoft Rilis Update Besar Windows 11, Ini Fitur-fitur Barunya

Fitur pendukung lainnya, Surface Pro 9 Intel hadir dengan dua port Thunderbolt 4, port Surface Connect, Wi-Fi 6E, dan Bluetooth 5.1. Berbeda dengan varian ARM SQ3, tablet dibekali dukungan 5G dan LTE, slot nano-SIM dan eSIM, dan menggunakan USB-C 3.2.

Harga Surface Pro 9

Varian warna yang dihadrikan tersedia untuk versi ARM adalah Classic Platinum saja. Sedangkan versi Intel hadir dengan varian warna lebih beragam, yaitu Classic Platinum, Graphite, Sapphire, dan Forest.

Kedua varian akan sama-sama mendukung keyboard Surface Pro Signature dan Surface Slim Pen 2. Berikut adalah rincian harga Surface Pro 9.

Surface Pro 9 Intel

  • Surface Pro 9 Core i5 (8/128GB): 999 dollar AS
  • Surface Pro 9 Core i7 (32/1TB SSD): 2.599 dollar AS

Surface Pro 9 ARM SQ3

  • Surface Pro 9 5G (8/128 GB): 999 dollar AS

Kedua varian Microsoft Surface Pro 9 ini mulai tersedia secara global pada 25 Oktober 2022 mendatang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com