Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone Makin Digemari Anak Muda, Ini Buktinya

Kompas.com - 14/10/2022, 07:46 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber MacRumors

KOMPAS.com - iPhone masih menjadi ponsel favorit di kalangan remaja, khususnya di wilayah Amerika Serikat (AS). Bahkan, dalam 10 tahun terakhir semakin banyak anak muda di AS yang menggunakan iPhone.

Temuan itu dari riset terbaru yang dilakukan oleh Piper Sandler, sebuah perusahaan bank investasi independen Amerika Serikat dan perusahaan jasa keuangan.

Piper Sandler telah banyak melakukan survei di kalangan remaja AS dalam satu dekade terakhir. Survei remaja terbaru dari Piper Sandle melibatkan 14.500 remaja dengan usia rata-rata 15,8 tahun yang berasal dari 47 negara bagian di AS.

Salah satu temuan dari survei terbaru Piper Sandler adalah mayoritas atau 87 persen dari remaja yang disurvei ternyata memiliki iPhone. Angka ini naik lebih dari dua kali lipat dibanding kepemilikan iPhone di kalangan remaja 10 tahun yang lalu.

Baca juga: iPhone 14 Pro Max Edisi Khusus Dijual Rp 2 Miliar, Apa Istimewanya?

Sebagai perbandingan, pada 2012, survei mencatat bahwa ada sebanyak 40 persen remaja AS yang memiliki iPhone. Artinya, kepemilikan iPhone oleh anak muda di AS semakin banyak dalam satu dekade terakhir.

Menurut survei terbaru Piper Sandler, sekitar 88 persen dari reponden juga mengharapkan 'iPhone' menjadi ponsel mereka berikutnya.

Grafik kepemilikan iPhone di kalangan remaja terlihat semakin meningkat dari tahun ke tahun.MacRumors Grafik kepemilikan iPhone di kalangan remaja terlihat semakin meningkat dari tahun ke tahun.
Piper Sandler meyakini bahwa penggunaan iPhone‌ yang tinggi di kalangan remaja AS menjadi pertanda baik bagi produk layanan Apple serta pembaruan siklus produk yang berkelanjutan.

"Kami percaya peningkatan penetrasi dan niat penting mengingat pasar smartphone premium yang matang. Selain itu, tren ini menggembirakan karena perusahaan terus memperkenalkan iPhone baru, yang dapat memberikan penyegaran siklus produk yang signifikan," kata pihak Piper Sandler.

Menurut Piper Sandler, tren positif penggunaan iPhone di kalangan remaja AS ini juga dapat menjadi katalis (pendorong) untuk pertumbuhan layanan Apple lebih lanjut. Ini dikarenakan basis pengguna Apple yang terus berkembang.

Baca juga: Harga Asli iPhone 14 Pro Max Rp 7 Jutaan, Apple Jual Rp 16 Juta

Kepemilikan Apple Watch di kalangan remaja

Survei Piper Sandler terbaru juga melihat soal kepemiliki jam tangan pintar (smartwatch) Apple Watch di kalangan remaja.

Hasil survei menunjukkan bahwa sekitar 5.336 orang atau sekitar 36,8 persen dari remaja yang disurvei memiliki jam tangan pintar.

Dari angka itu, sekitar 31 persen atau 4.495 remaja mengaku memiliki Apple Watch. Sedangkan sisanya, sekitar 841 (5,8 persen) remaja memiliki smartwatch bukan merek Apple Watch

Data tersebut menunjukkan bahwa kepemilikan jam tangan pintar Apple Watch masih belum semasif iPhone, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari MacRumors, Kamis (13/10/2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber MacRumors
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com