Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesan Pertama Menjajal Oppo A77s, Ponsel "Kembaran" Reno 7 4G

Kompas.com - 14/10/2022, 11:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo A77s resmi rilis di Indonesia Kamis (13/10/202). Peluncuran Oppo A77s digelar secara offline di Oppo Gallery Gandaria City Mall, Jakarta Selatan.

Dari segi desain dan spesifikasi, Oppo A77s disebut kembaran Oppo Reno 7 4G. Sebab keduanya memiliki ukuran serupa.

Punggung ponsel juga sama-sama dibekali materi tekstur kulit. Keduanya juga kompak dibekali layar AMOLED refresh rate 90 Hz.

Baca juga: 3 Ponsel Misterius Oppo Segera Masuk Indonesia, Ada Oppo A17?

KompasTekno mendapat kesempatan untuk menjajal Oppo A77s varian Sunset Orange secara langsung, pasca-acara peluncuran.

Hands on Oppo A77s

Pertama kali menggenggam Oppo A77s, kesan pertama yang didapat adalah ponsel ini memiliki bodi yang cukup tipis sekaligus ringan, mengingat ketebalan Oppo A77s varian tersebut adalah 8,04 mm dengan bobot 190 gram.

Dengan layar 6,5 inci, secara keseluruhan Oppo A77s masih nyaman untuk digenggam dengan satu tangan, oleh telapak tangan wanita dewasa.

Namun, bila dibandingkan dengan Reno 7 4G, perangkat tersebut terasa lebih ringan dibanding Oppo A77s. Sebab, di lembar spesifikasi, Oppo Reno 7 4G sendiri memiliki bobot 175 gram.

Oppo A77s varian warna Sunset Orange. Di sudut kiri atas terdapat modul kamera yang menampung dua sensor, yakni kamera utama 50 MP (f/1.8) disertai PDAF dan kamera depth 2 MP (f/2.4).Kompas.com/Caroline Saskia Oppo A77s varian warna Sunset Orange. Di sudut kiri atas terdapat modul kamera yang menampung dua sensor, yakni kamera utama 50 MP (f/1.8) disertai PDAF dan kamera depth 2 MP (f/2.4).

Pada bagian punggung ponsel, perangkat dirancang menggunakan material khusus yang bernama “Fibreglass-Leather Design”.

Saat KompasTekno menyentuh permukaan dari punggung perangkat, bahan dari material tersebut terasa sangat halus, tetapi di saat yang bersamaan, tekstur kulit yang dimiliki masih bisa dirasakan.

Baca juga: Daftar Harga HP Oppo Terbaru Oktober 2022, Mulai Rp 1 Jutaan

Dikarenakan material yang digunakan berbahan leather (kulit), saat pemukaan punggung ponsel disentuh di seluruh sisinya, punggung Oppo A77s tidak meninggalkan noda bekas sidik jari.

Masih di bagian belakang, Oppo A77s dibekali dua sensor kamera yang terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8) disertai PDAF dan kamera depth sensor 2 MP (f/2.4).

Kedua sensor itu dibenamkan ke dalam modul berbentuk persegi panjang dan diposisikan secara vertikal. Kedua kamera ditemani oleh lampu kilat LED yang menyerupai bentuk pil. Modul kamera juga didesain sedikit menonjol ke atas dari penampang ponsel.

Tampilan depan Oppo A77s yang dibekali  LCD yang berdiagonal 6,56 inci dan resolusi HD Plus.Kompas.com/Caroline Saskia Tampilan depan Oppo A77s yang dibekali LCD yang berdiagonal 6,56 inci dan resolusi HD Plus.

Pada bagian layar, perangkat didesain memiliki poni menyerupai tetesan air (waterdrop) sebagai rumah dari kamera depan 8 MP (f/2.0).

Oppo A77s mengusung layar IPS LCD dengan diagonal 6,56 inci, resolusi HD Plus dan mendukung refresh rate 90 Hz, tingkat kecerahan 600 nits, dan kerapatan piksel 269 PPI. Pengalaman KompasTekno menggulir layar Oppo A77s terasa lancar dan mulus.

Baca juga: Serupa Tapi Tak Sama, Oppo A77s Indonesia dan A77 Versi India

Di sisi kanan perangkat terdapat tombol daya yang dapat digunakan sebagai pengunci layar. Sedangkan di sisi kiri, terdapat dua tombol yang berfungsi sebagai pengontrol volume suara dan kompartmen untuk kartu SIM dan micro-SD.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com