Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cek Nomor Kartu BPJS Ketenagakerjaan Online Tanpa Aplikasi

Kompas.com - 16/10/2022, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Sebagaimana umum diketahui, BPJS Ketenagakerjaan adalah program jaminan sosial bagi seluruh pekerja di Indonesia. Masyarakat yang tergolong sebagai pekerja bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti program tersebut.

Setelah terdaftar sebagai peserta, mereka bakal mendapatkan kartu BPJS Ketenagakerjaan dalam bentuk fisik sebagai identitas kepesertaan. Kartu tersebut penting untuk dijaga lantaran terdapat nomor kepesertaan yang terdiri dari 11 digit angka.

Baca juga: Cara Cek Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan Sudah Cair atau Belum secara Online

Nomor BPJS Ketenagakerjaan berguna bagi peserta untuk mengisi data saat hendak mengakses berbagai layanan, seperti pembayaran iuran, mengeklaim jaminan, mengecek status klaim jaminan, dan sebagainya.

Dengan fungsi penting tersebut, peserta hendaknya senantiasa menjaga nomor BPJS Ketenagakerjaan miliknya yang tertera di kartu fisik. Selain di kartu fisik, nomor tersebut sebetulnya juga dapat dilihat pada aplikasi JMO (Jamsostek Mobile) di ponsel.

Namun, bila lewat JMO dirasa terlalu merepotkan karena harus mengunduh dulu, peserta juga bisa mengakses nomor BPJS Ketenagakerjaan tanpa aplikasi. Lantas, bagaimana cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan tanpa aplikasi?

Untuk cek nomor BPJS Ketenagakerjaan tanpa aplikasi, caranya bisa dengan mengakses layanan online di websitesso.bpjsketenagakerjaan.go.id”. Penjelasan yang lebih lengkap soal cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan tanpa aplikasi bisa dilihat di bawah ini.

Cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan tanpa aplikasi

  • Kunjungi alamat website ini https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.
  • Bila belum punya akun, silakan klik opsi “Buat Akun Baru”. Lengkapi seluruh data diri yang diminta, beberapa di antaranya seperti alamat e-mail aktif, NIK, nama lengkap, nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan, dan sebagainya.
  • Setelah punya akun, silakan login di website “sso.bpjsketenagakerjaan.go.id”
  • Di halaman awal website, pilih menu “Kartu Digital” dan bakal muncul kartu BPJS Ketenagakerjaan versi digital.
  • Terakhir, silakan lihat nomor kepesertaan yang tertera di kartu BPJS Ketenagakerjaan versi digital tersebut.

Cukup mudah bukan cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan tanpa aplikasi? Dengan cara ini, seandainya nanti kartu fisik BPJS Ketenagakerjaan hilang, peserta tak perlu bingung karena tetap bisa mengakses nomor kepesertaan di website “sso.bpjsketenagakerjaa.go.id”.

Sebagai informasi tambahan, bila hendak cek nomor BPJS Ketenagakerjaan lewat aplikasi, caranya bisa dilihat lebih lengkap di artikel ini “Cara Cek Nomor Kartu BPJS Ketenagakerjaan Online via Aplikasi JMO”.

Baca juga: Cara Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan via Lapak Asik serta Syaratnya

Demikianlah penjelasan seputar cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan tanpa aplikasi lewat website “sso.bpjsketenagakerjaa.go.id”, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com