Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Baru Oppo di Tangerang Bisa Produksi 1 HP dalam 10 Detik

Kompas.com - 19/10/2022, 13:30 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Oppo Indonesia membuka pabrik baru yang berlokasi di Jl. Bayur, Periuk, Kota Tangerang, Banten. Baru-baru ini, Oppo mengajak sejumlah awak media menjelajahi pabrik barunya itu, pada Selasa (18/10/2022).

Dalam momen tersebut, Oppo mengungkap bahwa pabrik anyarnya itu memiliki kemampuan untuk memproduksi 1 unit ponsel Oppo dalam hanya waktu 10 detik.

Hal ini disampaikan Business Performance Manager PT Bright Mobile Telecommunication (Oppo Indonesia), Jefry Firman de Haan.

Menurut Jefry, 10 detik tersebut sudah mencakup proses awal seperti proses perakitan (assembly) komponen papan inti (motherboard), kamera, antena, dll hingga proses pengemasan (packing) yang berada di paling akhir.

"Jadi setiap 10 detik, satu ponsel Oppo akan keluar dari area packing dan menjadi sebuah produk yang sudah dikemas lengkap dengan plastik," jelas Jefry kepada KompasTekno.

Baca juga: Melihat Isi Pabrik Baru Oppo di Bayur Tangerang Seluas 10 Hektar

Jefry melanjutkan, dalam waktu 10 detik tersebut, puluhan operator pabrik akan melakukan perakitan dan pengemasan satu unit ponsel Oppo secara urut dan bergantian dengan cepat, sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Nah, apabila kita mengkalkulasikan jumlah produksi ponsel Oppo dalam satu hari dengan gambaran satu unit ponsel akan diproduksi dalam waktu 10 detik, maka Oppo agaknya bakal bisa membuat sekitar 8.600 unit ponsel per harinya.

PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto (kiri) dan Business Performance Manager PT Bright Mobile Telecommunication (Oppo Indonesia), Jefry Firman de Haan (kanan) dalam kunjungan media ke Pabrik Oppo Bayur, Selasa (18/10/2022).KOMPAS.com/Oik Yusuf PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto (kiri) dan Business Performance Manager PT Bright Mobile Telecommunication (Oppo Indonesia), Jefry Firman de Haan (kanan) dalam kunjungan media ke Pabrik Oppo Bayur, Selasa (18/10/2022).

Angka itu berasal dari perhitungan 1 hari yang setara dengan 86.400 detik, lalu dibagi dengan 10 detik, dan dikalikan dengan 1 unit ponsel sehingga muncul angka 8.600 unit ponsel.

Meski demikian, rata-rata ponsel Oppo yang bisa diproduksi per hari ternyata tidak mencapai angka tersebut.

Pasalnya, ada sejumlah aturan yang diterapkan pabrik Oppo terkait proses produksi perangkat seperti adanya waktu istirahat operator, penghentian jalur produksi total jika ada masalah, dan lain sebagainya.

"Dalam satu jalur (lane) produksi, kami mampu membuat sekitar 2.800 unit ponsel Oppo setiap harinya, sesuai dengan aturan atau prosedur operasional standar (SOP) dan waktu yang telah kami rancang," jelas Jefry.

Perlu dicatat, 1 unit ponsel Oppo yang dibuat dalam 10 detik tadi berasal dari 1 jalur produksi saja. Di pabrik baru di Bayur, Oppo memiliki tiga ruangan produksi yang masing-masing diisi oleh sekurang-kurangnya 7 jalur produksi.

Dengan kata lain, angka 2.800 unit per hari tadi bukan merupakan total kemampuan produksi per hari untuk keseluruhan kemampuan pabrik.

Adapun pabrik Oppo Bayur, menurut Jefry, memiliki kemampuan untuk memproduksi hingga sekitar 1-2 juta unit ponsel Oppo per bulannya.

Baca juga: Oppo A77s Resmi di Indonesia, Harga Rp 3 Jutaan

Alur produksi 1 unit ponsel Oppo

Ilustrasi ruangan production line pabrik ponsel Oppo.
KOMPAS.com/Oik Yusuf Araya Ilustrasi ruangan production line pabrik ponsel Oppo.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com