Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motorola Pamer Konsep Ponsel Layar Gulung yang Bisa Memanjang ke Atas

Kompas.com - 20/10/2022, 08:00 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Motorola akhirnya ikut meramaikan tren smartphone layar gulung. Lewat acara Lenovo Tech World 2022, Motorola yang diakuisisi Lenovo tahun 2016 lalu memamerkan konsep smartphone layar gulung pertamanya.

Konsep smartphone layar gulung sebelumnya sudah dipamerkan Oppo dan LG, tapi punya Motorola, punya keunikan tersendiri.

Alih-alih digulung dan dibentangkan secara horizontal (memanjang ke samping), perusahaan menghadirkan ponsel yang dapat memanjang dan memendek secara vertikal.

Dalam keadaan tergulung, ponsel akan memiliki diagonal layar 4 inci. Lalu, bila memencet tombol di samping perangkat, layar akan memanjang ke atas sehingga menawarkan layar OLED berbentang 6,5 inci.

Dalam sebuah video, Luca Rossi, Executive Vice President and President Intelligent Devices Group, Lenovo mendemonstrasikan bahwa ketika menonton video di YouTube secara vertikal dalam keadaan layar tergulung, gambar akan secara otomatis menyesuaikan ukuran layar ketika dipanjangkan dan diputar ke mode landscape.

Baca juga: LG Pamer Ponsel Dengan Layar Gulung, Begini Bentuknya

Alhasil, gambar/video yang ditampilkan bakal lebih lebar dan besar dibanding sebelumnya.

Menurut Motorola, konsep ini memungkinkan perangkat memiliki layar smartphone dalam ukuran penuh dan di waktu yang bersamaan juga dapat berubah ke ukuran yang lebih kecil.

“Ini adalah bukti dari konsep ponsel gulung. Konsep itu tidak mengorobankan ukuran layar saat perangkat digunakan dan bisa menyesuaikan ukuran yang lebih kecil daripada ponsel premium lainnya,” ujar Rossi dalam video tersebut.

Kendati begitu, tampilan ataupun desain seluruh bodi perangkat tidak ditunjukkan. Rossi hanya menampilkan sisi depan perangkat saja, sehingga desain dan kamera belakang ponsel tidak diketahui. Yang jelas, di dalam layar tersebut tidak terdapat poni atau punch hole yang biasa digunakan sebagai rumah kamera depan.

Baca juga: Ponsel Layar Gulung Oppo X 2021 Bakal Dibawa ke Indonesia?

Selain mengungkapkan konsep layar gulung di smartphone, Lenovo juga memamerkan desain laptop yang dapat dapat digulung dan memanjang ke atas, serta tablet yang dapat dilipat.

Wakil presiden desain Lenovo, Brian Leonard mengungkapkan bahwa konsep ini menjadikan laptop ataupun tablet tersebut sebagai titik awal dari penelitian Lenovo ke inoviasi yang baru.

“Ini dapat berkembang menjadi real estate layar yang jauh lebih besar, karena bisa menyajikan konten secara dinamis yang menyesuaikan layar,” imbuh Brian, dihimpun KompasTekno dari Giz China, Kamis (20/10/2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GizChina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com