Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Internet Starlink Tembus 350 Mbps di Dalam Pesawat

Kompas.com - 21/10/2022, 15:03 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - SpaceX meluncurkan Starlink Aviation, yaitu layanan internet satelit yang ditujukan untuk pesawat jet pribadi.

Starlink merupakan layanan internet berbasis satelit yang digagas CEO SpaceX, Elon Musk untuk semua orang di dunia. Adapun Starlink Aviation adalah produk turunan dari Starlink yang dirancang khusus untuk menyediakan akses internet di pesawat jet pribadi.

Untuk menggunakan Starlink Aviation, perusahaan maskapai penerbangan harus membeli perangkat yang akan menghubungkan pesawat ke Starlink seharga 150.000 dolar AS (Rp 2,3 miliar). Selain itu, konsumen juga harus membayar biaya langganan internet unlimited yang berkisar 12.500 - 25.000 dolar AS (Rp 194 juta - 389 juta) per bulan.

Baca juga: Elon Musk Aktifkan Starlink di Iran, Setelah Demo Kematian Mahsa Amini

Menurut SpaceX, internet Starlink Aviation akan mulai tersedia pada pertengahan tahun 2023. Selain kuota tanpa batas, Starlink Aviation juga diklaim akan menawarkan kecepatan unduh hingga 350 Mbps. Kecepatan itu menurut SpaceX bisa membuat semua penumpang streaming bersamaan, baik untuk panggilan video, game online, dan lain sebagainya.

"Penumpang bisa melakukan aktivitas yang sebelumnya tidak bisa dilakukan dalam penerbangan, termasuk panggilan video, game online, VPN, dan aktivitas lainnya yang membutuhkan kecepatan tinggi," kata perusahaan dikutip KompasTekno dari situs resmi Starlink, Kamis (20/10/2022).

Performanya juga diklaim bakal stabil dengan latensi 20 milidetik. Pasalnya, satelit yang dikerahkan Starlink ditempatkan di orbit rendah Bumi, sehingga mengakomodasi sinyal yang kuat di mana pun pengguna berada.

Menurut laporan Aviacionline, Starlink Aviation sudah diuji oleh maskapai penerbangan independen Amerika, JSX dengan rute antara Burbank dan San José, California. Dalam demonstrasi tersebut, Starlink Aviation mampu menawarkan kecepatan internet hingga 100 Mbps.

Baca juga: Internet Starlink Milik Elon Musk Sudah Beroperasi di Indonesia

JSX sudah mengumumkan rencananya menjadi maskapai pertama yang mengadopsi internet dalam pesawat pada April lalu. Kemudian pada September, CEO JSX, Alex Wilcox berkata pihaknya akan mulai menyediakan internet bagi penumpang pada bulan ini dan setiap pesawat perusahaan akan dilengkapi fasilitas yang sama pada akhir tahun.

Tak hanya JSX, Hawaiian Airlines juga sudah mengumumkan kesepakatan dengan Starlink pada April lalu. Kerja sama kedua perusahaan ini akan diterapkan mulai tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com