Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fitur Baru YouTube Music, Bisa Share Lagu ke IG Stories seperti Spotify

Kompas.com - 22/10/2022, 18:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi streaming musik milik Google, YouTube Music kedatangan lima fitur baru pada Oktober ini.

Salah satunya adalah fitur yang sudah lama ditunggu-tunggu oleh pengguna, yaitu fitur untuk berbagi lagu/album yang sedang dimainkan ke Instagram Stories (IG Stories), mirip seperti di Spotify.

Pantauan KompasTekno, Sabtu (22/10/2022), fitur share musik ke IG Stories sudah tersedia dan bisa dijajal oleh pengguna setia YouTube Music di Indonesia. Fitur ini muncul di aplikasi YouTube Music versi 5.29.52 di ponsel Android.

Cara membagikan musik dari YouTube Music ke IG Stories juga mudah. Kamu hanya perlu memilih lagu/album musik yang ingin dibagikan. Lalu, klik ikon "berbagi/share". Lalu, pilih opsi "Instagram".

Nantinya, kamu akan dialihkan ke jendela Instagram Stories. Di sana, kamu akan bisa melihat gambar cover lagu/album lengkap dengan judul lagu/album dan nama penyanyinya. Kamu tinggal klik "Your Story" atau "Close friends" untuk membagikan lagu tersebut.

YouTube Music bisa share lagu ke Instagram Stories, mirip Spotify.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto YouTube Music bisa share lagu ke Instagram Stories, mirip Spotify.
Fitur baru lain di YouTube Music

Selain membagikan lagu, YouTube Music juga punya empat fitur baru. Apa saja?

Statistik YouTube Musik per 7 hari

YouTube Music kini juga menyediakan statistik aktivitas pengguna di aplikasi selama seminggu terakhir bernama "Last 7 Days" (7 hari terakhir).

Statistik Last 7 Days ini menyediakan rangkuman dari lagu-lagu, musisi, dan playlist yang paling sering didengarkan selama sepekan terakhir, seperti gambar di bawah.

Untuk mengakses statistik Last 7 Days di YouTube Music, kamu hanya perlu klik foto profil di pojok kanan atas. Lalu, klik menu "Your channel". Nah, nantinya kamu langsung bisa melihat statistik Last 7 Days.

Fitur ini berguna untuk melihat lagu, musisi, dan plalist yang paling sering diulangi. Kamu juga bisa melihat informasi seberapa sering dan seberapa lama lagu, penyanyi, dan playlist dimainkan dalam tujuh hari terakhir.

Baca juga: 4 Aplikasi Pendeteksi Judul Lagu dengan Suara di Android dan iOS

Tampilan fitur baru Last 7 Days di YouTube Music.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tampilan fitur baru Last 7 Days di YouTube Music.
Winter Recap 2022

YouTube juga meluncurkan Winter Recap 2022 untuk pengguna. Ini merupakan daftar putar (playlist) khusus dan dipersonalisasi berdasarkan histori mendengarkan musik kamu di YouTube dan YouTube Music selama beberapa bulan terakhir.

Untuk mengakses Winter Recap, kamu tinggal klik foto profil di pojok kanan atas. Lalu, klik menu "Your Recap". Nah, nantinya kamu bisa langsung melihat Winter Recap 2022 dan playlist Recap sebelum-sebelumnya.

Secara umum, YouTube Music Recap ini berisi 50-99 lagu yang paling banyak diputar pengguna dalam beberapa bulan terakhir.

YouTube Recap juga berisi statistik tiga lagu paling banyak dimainkan, tiga musisi yang paling banyak didengarkan lagunya, lima playlist/album pengguna yang paling sering dimainkan, hingga tiga genre musik terfavorit pengguna.

Statistik YouTube Music Recap ini bisa di-share ke platform lain, termasuk Instagram Stories.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Spotify Tidak Dapat Memutar Musik

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com