Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone Generasi Pertama dengan Dus Komplit dan Masih Segel Terjual Rp 600 Juta

Kompas.com - 24/10/2022, 16:00 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber CNBC

KOMPAS.com - Apple pertama kali menjual iPhone buatannya pada 2007. Dengan kata lain, iPhone generasi pertama kini berusia 15 tahun sejak memulai debutnya.

Meski teknologinya sudah ketinggalan zaman, iPhone generasi pertama yang dilelang di balai lelang LCG Auctions, terjual seharga 39.339 dollar AS atau setara Rp 614 juta.

Angka tersebut terhitung 80 kali lipat dibanding harga asli iPhone. Sebab saat dirilis, Apple menjual iPhone generasi pertama seharga 499 dollar AS (Rp 7,8 juta).

Seseorang yang tidak disebutkan identitasnya ini melelang iPhone generasi pertama yang komplit, lengkap dengan segel asli dan stiker Apple.

iPhone generasi pertama yang "like new" itu dilelang di LCG Auctions dengan harga awal mulai 2.500 dollar AS (Rp 39 juta) pada 20 September lalu. Kemudian pada 14 Oktober, ponsel itu ditawar seharga 10.000 dolar AS (Rp 156 juta).

Baca juga: Google Promosikan Pixel 7 Pakai iPhone

Kemudian pada hari terakhir 16 Oktober 2022, penawarannya naik menjadi 11.000 dollar AS.

Tak disangka, dua jam sebelum lelang ditutup, iPhone generasi pertama itu ditawar seharga 32.000 dollar AS (Rp 500 juta) hingga akhirnya tawaran ditutup di angka 39.339 dolar AS.

"Kami kira penawaran untuk produk ini begitu kuat dan tidak mengecewakan, karena sejumlah kolektor mendorong harga dari 10.000 dolar AS lebih pada Minggu sore ke jumlah rekor (tertinggi) pada Minggu malam," kata pendiri LCG Auctions Mark Montero kata dalam sebuah pernyataan, dikutip KompasTekno dari CNBC, Senin (24/10/2022).

Tidak diketahui pula siapa pembeli iPhone generasi pertama dari hasil lelang ini. Begitu pula dengan penjual yang menawarkan iPhone lawas yang masih bersegel itu.

iPhone generasi pertamaApple iPhone generasi pertama
iPhone generasi pertama sendiri menawarkan spesifikasi yang mungkin tak lagi menarik untuk saat ini. Penyimpanan internalnya saja hanya 4 GB atau 8 GB.

Layarnya memiliki bentang 3,5 inci, lebih mungil dibanding telapak tangan orang dewasa. iPhone 2007 ini juga dibekali kamera belakang 2 MP dan tidak memiliki kamera depan.

Baca juga: Resmi, Ini Harga iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max di Indonesia

Kameranya juga hanya bisa digunakan untuk memotret foto dan belum bisa merekam video. Sebab, Apple baru menyematkan fitur perekaman video pada iPhone 3Gs atau dua generasi setelah iPhone pertama dirilis.

Konektivitas iPhone generasi pertama ini juga hanya didukung dengan jaringan generasi kedua atau 2G.

iPhone generasi pertama diluncurkan perdana oleh pendiri Apple, Steve Jobs pada tahun 2007. Setelah dirilis, perangkat ini terjual dalam waktu cepat hingga jutaan unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com