Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MacOS Ventura Bisa Di-download, Bawa Fitur Stage Manager hingga Edit Pesan

Kompas.com - 25/10/2022, 08:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bersamaan dengan iOS 16.1 dan iPadOS 16.1, Apple turut merilis pembaruan MacOS Ventura untuk perangkat Mac, Selasa (25/10/2022). Update ini membawa fitur baru untuk perpesanan, e-mail, multitasking hingga game diperangkat Mac.

Fitur baru yang hadir lewat pembaruan ini adalah Stage Manager. Fitur ini dirancang untuk membatu pengguna fokus ketika bekerja pada satu jendela aplikasi, sekaligus memudahkan pengguna bila ingin berpindah ke jendela aplikasi lainnya.

Saat pengguna mengaktifkan Stage Manager dari Control Center, jendela yang sedang mereka kerjakan akan ditampilkan dengan jelas di tengah layar. Sementara jendela lain yang juga sedang dibuka, bakal muncul di latar belakang (backgroud) dengan susun saling tumpang tindih.

Baca juga: 7 Fitur Baru di MacOS Ventura, Bisa Bikin iPhone Jadi Webcam hingga Salin Teks pada Video

MacOS Ventura juga memiliki fitur Continuity Camera. Fitur ini memungkinkan perangkat Mac menggunakan iPhone menjadi webcam. Continuity Camera dilengkapi dengan fitur seperti Center Stage, mode Portrait, dan Studio Light, sebuah efek yang menerangi wajah pengguna sambil meredupkan latar belakang.

Ilustrasi iPhone difungsikan sebagai webcam di laptop MacBook.apple.com Ilustrasi iPhone difungsikan sebagai webcam di laptop MacBook.
Di aspek perpesanan (message), pembaruan MacOS Ventura memungkinkan pengguna untuk mengedit atau membatalkan pesan, mengembalikan pesan yang tidak sengaja terhapus, serta menandai pesan "belum dibaca".

Di aplikasi Message di perangkat Mac, pengguna kini juga bisa berkolaborasi bersama pengguna lain dengan mudah karena adanya fitur berbagi file.

File ini pun bisa diedit bersama. Pengguna kini juga bisa berkolaborasi membuat album foto bersama dengan maksimal enam teman atau keluarga. Hal ini dimungkinkan karena adanya fitur baru iCloud Shared Photo Library.

Baca juga: Kata Google, Linux Lebih Aman Dibanding Windows atau MacOS

Pembaruan MacOS Ventura kali juga membawa peningkatan untuk email. Pengguna  komputer Mac dan laptop MacBook kini bisa menjadwalkan email, membatalkan pengiriman email, dan menambahkan link.

Apple turut meningkatkan kemampuan "Search" di aplikasi mail untuk lebih cepat apa yang dicari pengguna. Aplikasi Mail juga dapat mendeteksi jika item seperti lampiran atau penerima cc hilang dan mengingatkan pengirim untuk menambahkannya.

MacOS Ventura membawa fitur baru penjadwalan email di aplikasi Mail.apple.com MacOS Ventura membawa fitur baru penjadwalan email di aplikasi Mail.
Fitur baru lain MacOS Ventura termasuk Live Text yang diperbarui sehingga memungkinkan pengguna untuk menyalin teks pada sebuah video yang dijeda.

Baca juga: Apple Rilis iOS 16.1 dan iPadOS 16.1, Ini Fitur Barunya

Tidak hanya menyalin, tapi teks atau data yang terdeteksi di video itu juga dapat untuk ditindaklanjuti dalam beberapa perintah, misalnya penerjemahan bahasa.

Pembaruan MacOS juga membawa teknologi baru seperti Metal 3 untuk meningkatkan pengalaman bermain game AAA di Mac.

Teknologi tersebut disebut dapat membuat Mac memiliki kinerja yang lebih cepat, game yang terasa lebih responsif, dan grafis yang terlihat lebih baik, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Apple Newsroom.

Update MacOS Ventura sudah tersedia untuk diunduh sekarang secara gratis dengan cara membuka "System Preferences" > "Software Update".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com