Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Down Hari Ini, Chat ke Grup dan Pribadi Muncul "Jam Pasir"

Kompas.com - 25/10/2022, 14:48 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp down hari ini, Selasa (25/10/2022) siang sekitar pukul 14.10 WIB. WhatsApp down hari ini meliputi aplikasi di ponsel, aplikasi WhatsApp desktop, dan WhatsApp web.

WhatsApp down membuat pengguna tidak bisa mengirim pesan (chat) ke ruang obrolan grup maupun pribadi (personal chat/PC).

Pantauan KompasTekno saat berita ini ditulis, chat pengguna di grup dan PC tertunda alias pending.

Ini ditandai dengan ikon jam lengkap dengan pukul saat chat dikirimkan saja. Padahal, kami memiliki koneksi internet yang lancar.

Biasanya, saat aplikasi berjalan normal, chat akan terkirim ditandai dengan tanda centang satu (terkirim meski belum diterima penerima) dan centang dua (terkirim dan sudah diterima pengguna).

Baca juga: WhatsApp Error, Pengguna Keluhkan WA Down Hari Ini

Namun, WhatsApp error tidak bisa mengirim pesan, baik ke grup maupun ke PC dan hanya ditandai gambar jam pasir. 

Sebelum tidak bisa mengirim chat sama sekali, KompasTekno masih bisa mengirim pesan ke ruang obrolan pribadi pada sekitar pukul 14.10 hingga 14.20 WIB.

Pesan yang dikirim akan bertanda centang satu. Namun, pesan tersebut masuk, diterima, dan sudah dibaca pengguna, meski tidak ada tanda read receipt (centang biru).

Hal ini ditandai karena kami mendapatkan balasan dari orang yang kami kirimi pesan, meski tandanya hanya centang satu.

Namun, memasuki pukul 14.25, WhatsApp di ponsel maupun desktop dan web sudah lumpuh seluruhnya. Pengguna tidak bisa lagi berkirim chat ke PC, apalagi ke grup.

Baca juga: 8 Penyebab WhatsApp Tidak Bisa Mengirim dan Menerima Pesan serta Cara Mengatasinya

Situs navigasi platform Down Detector menunjukan laporan WhatsApp error meningkat pada pukul 13.56 sebanyak 299 laporan. Pengguna WhatsApp tidak bisa mengirim pesan baik teks atau media lewat WhatsApp.

Hingga berita ini ditulis, WhatsApp down masih berlangsung. Belum diketahui penyebab WhatsApp error hingga saat ini. Meta, sebagai induk perusahaan WhatsApp belum memberikan keterangan apapun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com