Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Sudah Error 1 Jam, Sampai Kapan WA Down?

Kompas.com - 25/10/2022, 15:44 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp (WA) dilaporkan mengalami gangguan, alias down pada Selasa (25/10/2022) sekitar pukul 14.10 WIB. Gangguan WhatsApp sudah berlangsung sekitar 1 jam lebih. Hingga pukul 15.07 WIB platform besutan Meta tersebut masih belum kembali normal.

Selama lebih dari satu jam terakhir, WhatsApp down terjadi pada WA web, desktop, hingga mobile. Pengguna tidak dapat mengirimkan pesan teks ataupun media melalui grup WhatstApp ataupun personal chat (chat pribadi).

Beberapa pengguna mengeluhkan bahwa pesan yang dikirim hanya menunjukkan centang satu, bukan centang dua. Artinya, pesan yang dikirim tidak diterima oleh penerima pesan.

WhatsApp down juga menyebabkan pengguna WA web dan desktop tidak dapat terkoneksi ke akun Whatsapp. Notifikasi yang muncul adalah “Connecting to Whatsapp. Make sure your computer has an active internet” (Terhubung ke Whatsapp. Pastikan komputer/perangkat Anda terkoneksi jaringan internet). Keterangan itu muncul meskipun koneksi internet lancar.

Baca juga: WhatsApp Error, Pengguna Keluhkan WA Down Hari Ini

Topik gangguan yang terjadi di Whatsapp pun mendadak menjadi pembahasan yang paling banyak dibahas di platform mikroblogging Twitter. Tercatat ada sekitar 481.000 twitseputar “Whatsapp”, 11.800 cuitan tentang “WA Down”, dan jumlahnya akan semakin bertambah.

Sementara itu, merujuk data dari situs navigasi Down Detector, laporan Whatsapp error mulai meningkat sejak pukul 13.56 WIB sebanyak 299 laporan. Pada pukul 15.17, jumlah laporan melesat tajam hingga 4.540 laporan.

Menurut laporan dari Endgadget, pemadaman ini tidak hanya dialami pengguna WhatsApp di Indonesia, namun juga terjadi secara global, seperti di negara Amerika Serikat, Kanada, Italia, India, Malaysia, Jepang, Filipina, dan lainnya.

Baca juga: WhatsApp Down Hari Ini Jadi Juara Trending Topic Dunia

Sampai kapan WA down?

Kapan WhatsApp akan kembali normal? Meta telah merespons WhatsApp down yang dialami penggunanya secara global. Melansir Tech Crunch, Selasa (25/10/2022) juru bicara Meta mengatakan akan berupaya memulihkan layanan.

"Kami memahami sebagian pengguna mengalami gangguan ketika mengirim pesan saat ini dan kami sedang berusaha memulihkan WhatsApp untuk seluruh pengguna secepat mungkin," kata juru bicara WhatsApp," kata juru bicara Meta.

Hingga saat berita ini ditulis, WhatsApp error masih dialami pengguna di Indonesia dan beberapa negara lainnya.

Baca juga: Meta Akui WhatsApp Gangguan, Janji Pulihkan Secepat Mungkin

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com