Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan WhatsApp Berangsur Normal Setelah Gangguan Sekitar 2 Jam

Kompas.com - 25/10/2022, 16:50 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layanan WhatsApp (WA) berangsung pulih, setelah sempat tumbang (down) selama pada hari ini Selasa (25/10/2022) sekitar pukul 14.10 WIB.

Sebagian pengguna WhatsApp melaporkan bahwa mereka sudah bisa kembali megakses layanan pesan singkat tersebut sekitar pukul 15.51 WIB. Pesan yang sebelumnya tertunda (pending) mulai masuk ke ruang obrolan (chatroom).

Pengguna juga mulai bisa berkirim pesan, baik lewat WhatsApp mobile, WA web, maupun versi desktop.

Berdasarkan pantauan dari situs DownDetector, jumlah laporan WhatsApp error juga mulai berkurang. Apabila sekitar pukul 14.00 WIB laporan WhatsApp down mencapai ribuan, pada pukul 16.22 laporan di Down Detector menurun menjadi 349.

Baca juga: WhatsApp Error, Pengguna Keluhkan WA Down Hari Ini

Dengan demikian, WhastApp error hari ini telah terjadi selama kurang lebih 2 jam.

Gangguan WhatsApp yang terjadi hari ini tergolong cukup masif. Tidak hanya terjadi di Indonesia, WhatsApp down juga terjadi di 49 negara termasuk Filipina, Singapura, India, Brasil, Amerika Serikat (AS), Inggris, hingga Rusia.

Sejumlah pengguna yang terdampak WhatsApp down beralih ke Telegram dan Twitter sebagai aplikasi alternatif untuk berkomunikasi.

Tanggapan Meta

Meta, induk perusahaan WhatsApp telah merespons gangguan yang terjadi di platformnya. Juru bicara Meta mengonfirmasi adanya WhatsApp down dan berupaya memulihkannya segera.

"Kami menyadari bahwa ada beberapa orang yang saat ini mengalami masalah dalam mengirim pesan dan kami sedang berupaya memulihkan WhatsApp untuk semua orang secepat mungkin," ujar Meta, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tech Crunch, Selasa (25/10/2022).

Meski sudah berangsur pulih, Meta selaku induk perusahaan WhatsApp, masih belum memberi keterangan terkait penyebab terjadinya gangguan ini terjadi.

Baca juga: Meta Akui WhatsApp Gangguan, Janji Pulihkan Secepat Mungkin

WhatsApp down sejak Selasa siang hingga sore

Di Indonesia, WhatsApp down telah terjadi sekitar pukul 14.10 WIB. Mulanya, KompasTekno masih bisa mengirim pesan ke ruang obrolan pribadi pada sekitar pukul 14.10 hingga 14.20 WIB. Pesan yang dikirim bertanda centang satu.

Namun, pesan tersebut masuk, diterima, dan sudah dibaca pengguna, meski tidak ada tanda read receipt (centang biru). Di jam yang sama, chat yang dikirim melalui WhatsApp grup dan PC tertunda alias pending yang ditandai dengan ikon jam.

Hingga sekitar pukul 14.25 WIB, WhatsApp down merembet ke versi desktop dan web. Walhasil, seluruh layanan WhatsApp tumbang.

Sekitar pukul 15.51 WIB, sejumlah warganet termasuk yang berdomisili di Indonesia, turut mengabarkan mereka kembali bisa mengakses layanan WhatsApp.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com