Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube Ubah Tampilan, Permudah Cari Tombol Subscribe

Kompas.com - 26/10/2022, 08:30 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber YouTube

KOMPAS.com - Google memoles desain tampilan antarmuka YouTube, bersamaan dengan ulang tahun platform video itu yang ke-17. Hal ini disampaikan YouTube melalui sebuah pengumuman yang dirilis di blog resmi mereka.

Salah satu pembaruan tampilan adalah tombol berlangganan alias tombol "Subscribe". Kini, tombol Subscribe akan benar-benar menjadi "tombol sungguhan" yang berbentuk elips dengan latar belakang putih. 

Tombol Subscribe beserta avatar kanal YouTube yang sedang ditonton kini dipindah posisinya ke bagian bawah jendela pemutar video. 

Tombol tersebut berada tepat di atas berbagai tombol interaksi YouTube lainnya, macam Like, Dislike, Share, dan sebagainya.

Baca juga: Pemasukan YouTube dari Iklan Rp 109 triliun, Turun 2 Persen dari Tahun Lalu

Menurut YouTube, pemindahan dan pembaruan tombol Subscribe ini bertujuan supaya pengguna lebih mudah mencari tombol tersebut. 

Tampilan tombol Subscribe yang kini lebih mudah dilihat.YouTube Tampilan tombol Subscribe yang kini lebih mudah dilihat.

Seperti diketahui, tombol Subscribe awalnya memang bukan berbentuk tombol, melainkan sebuah tautan (link) berwarna merah yang posisinya berada di bawah nama masing-masing kanal YouTube pengguna.

Karena bukan berwujud tombol, pengguna boleh jadi bakal kesulitan mencari tombol berlangganan itu.

Selain tombol Subscribe, tampilan fitur interaksi macam Like, Dislike, Share, Download, Save, dan lain sebaginya juga bakal diubah menjadi tampilan tombol berbentuk elips yang memiliki latar belakang berwarna abu-abu.

Baca juga: YouTube Rilis Fitur Baru, Video Bisa Di-zoom Sampai Detail

Lalu, tampilan YouTube, terutama untuk mode gelap (Dark Mode) juga bakal mengusung warna hitam lebih pekat untuk meningkatkan kenyamanan pengguna.

Masih soal kenyamanan pengguna, YouTube juga bakal menghadirkan Ambient Mode. Fitur ini nantinya bakal bisa menyesuaikan tone warna latar belakang warna jendela video dengan cahaya sekitar secara otomatis.

Fitur baru YouTube

Ilustrasi fitur Precise Seeking di YouTube.YouTube Ilustrasi fitur Precise Seeking di YouTube.

Selain perubahan desain, YouTube juga berencana untuk menghadirkan dua fitur baru yang sebelumnya hanya bisa dijajal oleh pengguna YouTube Premium, yaitu Pinch to Zoom dan Precise Seeking.

Seperti namanya, Pinch to Zoom memungkinkan pengguna "mencubit" layar mereka untuk memperbesar (zoom) tampilan video.

Baca juga: Video 4K YouTube Tak Jadi Harus Bayar

Adapun Precise Seeking merupakan fitur yang memungkinkan pengguna melihat cuplikan video melalui deretan gambar ketika mereka menggeser-geser titik putar video (seek bar).

Biasanya, apabila pengguna menggeser seek bar, mereka akan melihat satu gambar video di atas tampilan seek bar.

Namun dengan fitur Precise Seeking, pengguna kini bisa melihat deretan gambar yang mewakili titik-titik dalam durasi video. Sehingga, pengguna bisa lebih mudah mencari segmen apa yang ingin mereka tonton dalam sebuah video YouTube.

Menurut Google, seluruh pembaruan desain dan fitur anyar YouTube ini bakal digelontorkan kepada seluruh pengguna global secara bertahap dalam beberapa minggu ke depan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari YouTube, Rabu (26/10/2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber YouTube
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com