Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Pastikan iPhone Pakai USB-C Mulai Tahun Depan

Kompas.com - 27/10/2022, 09:40 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Apple akhirnya mengonfirmasi pihaknya akan menggunakan USB-C pada iPhone baru generasi mendatang. Keputusan ini ditempuh Apple setelah perusahaan didesak agar mematuhi aturan baru Uni Eropa yang bakal menawajibkan setiap produk elektronik yang dijual di wilayahnya memakai USB-C mulai tahun 2024.

Dalam wawancara di WSJ Tech Live Conference yang digelar Wall Street Journal, Senior Vice President Marketing global Apple, Greg Joswiak berkata bahwa Apple akan mematuhi undang-undang Uni Eropa.

"Kami tidak punya pilihan... Seperti yang kami lakukan di berbagai negara, (Apple akan) mematuhi undang-undang setempat," kata Joswiak, dikutip KompasTekno dari Cnet, Kamis (27/10/2022).

Baca juga: Tahun Depan, iPhone Mulai Pakai Port USB-C?

Apple sebenarnya keberatan dengan aturan tersebut. Sebagai upaya negosiasi, Apple sempat menawarkan regulator Uni Eropa opsi lain, yaitu dengan menyertakan kabel USB dalam paket penjualan iPhone. Namun USB tersebut dirancang memiliki port USB-C di satu sisi dan lightning di sisi lainnya.

Akan tetapi, opsi itu tampaknya tak mampu merayu parlemen di Uni Eropa, sehingga Apple tak memiliki pilihan lain selain mematuhi aturan baru itu.

Meski berencana mematuhi regulasi Uni Eropa, Apple tetap yakin bahwa tak menyertakan kabel USB dalam paket pembelian iPhone turut berdampak baik pada lingkungan. "Kami kira akan lebih baik dari aspek lingkungan dan lebih baik bagi pelanggan kami untuk tidak memiliki pemerintah yang preskriptif," lanjut Joswiak.

Selama bertahun-tahun Apple bertahan dengan port lighting pada berbagai perangkatnya. Alasannya tak lain untuk mendukung ekosistem perusahaan.

"Ini adalah konektor yang hebat dan lebih dari satu miliar orang sudah memilikinya," umbar Joswiak soal port lightning.

Baca juga: Mengapa iPhone Pakai Colokan USB Lightning, Bukan USB-C?

Namun, Apple perlahan menambahkan port USB-C pada komputer Mac dan tablet iPad. Adapun regulasi Uni Eropa mendorong Apple menerapkan port yang sama untuk iPhone.

Terlepas dari konfirmasi Joswiak soal penggunaan USB-C untuk iPhone, dia tak merinci bagaimana teknis integrasi port tersebut pada iPhone.

iPhone wajib pakai USB-C tahun 2024

Pada Juni lalu, Komisi Uni Eropa dan sekitar 27 negara Uni Eropa menyetujui aturan tentang port pengisian daya tunggal menggunakan port USB Type-C untuk perangkat elektronik yang dijual di Eropa, menjadi sebuah Undang-undang (UU) baru.

Aturan itu rencananya akan berlaku mulai akhir 2024. Aturan tersebut kembali mendapatkan persetujuan dari sejumlah anggota di Parlemen Eropa.

Dalam sebuah sidang yang digelar awal Oktober ini, sekitar 602 orang anggota parlemen disebut setuju akan kewajiban penggunaan USB-C untuk perangkat elektronik. Sedangkan ada sekitar 13 orang anggota parlemen yang tidak setuju atas kewajiban penggunaan USB-C, dan 8 orang lainnya abstain alias bersikap netral.

Baca juga: Eropa Wajibkan Penggunaan USB-C, Bagaimana Nasib iPhone dengan Port Lightning?

Pada 24 Oktober, Uni Eropa memberikan persetujuan akhirnya untuk meloloskan aturan ini. Kendati demikian, aturan ini masih belum menjadi UU resmi, lantaran belum ditandatangani oleh perwakilan dari negara-negara yang termasuk ke dalam Uni Eropa.

Rencananya, penandatanganan ini bakal dilakukan pada awal 2023 mendatang. Setelah itu, kewajiban pemakaian USB-C bakal dijadikan undang-undang yang sah, dan harus ditaati oleh berbagai vendor yang menjual produknya di kawasan Uni Eropa.

Dengan kata lain, seluruh perangkat elektronik, termasuk produk Apple seperti iPhone, harus beralih ke konektor USB-C pada 2024 apabila ingin tetap berjualan di Eropa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com