Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Covid-19 Meningkat di "iPhone City", Produksi Berjalan Normal

Kompas.com - 27/10/2022, 10:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber SCMP

KOMPAS.com - Salah satu mitra Apple dalam merakit iPhone, yaitu Foxconn mengonfirmasi bahwa pabrik terbesar mereka yang berlokasi di Zhengzhou, Henan, China sedang mengalami kasus kenaikan Covid-19 yang tajam.

Foxconn tidak mengumumkan berapa jumlah karyawan yang terdampak Covid-19 di pabrik yang biasa dijuluki "iPhone City" itu.

Namun dalam sebuah pernyataan, Foxconn memastikan lini produksi iPhone, termasuk iPhone 14 Series, tidak terganggu dan tetap stabil. 

Baca juga: Foxconn Investasi Rp 114 Triliun di Indonesia Bangun Ekosistem Mobil Listrik

"Kegiatan produksi kami di pabrik Zhengzhou relatif aman terkendali dengan pemantauan kesehatan dan keselamatan karyawan yang ketat," ujar Foxconn, dikutip KompasTekno dari 9to5 Mac, Kamis (27/10/2022).

"Saat ini, pengendalian kasus Covid-19 di dalam pabrik sudah sangat efektif, dan dampak kenaikan kasus Covid-19 cukup terkendali," imbuh Foxconn.

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, pabrik Foxconn iPhone City menerapkan sejumlah peraturan ketat terhadap seluruh karyawannya, yang diperkirakan berjumlah 300.000 orang.

Beberapa peraturan yang diterapkan mencakup larangan makan di kantin pabrik, penutupan sejumlah akses pintu masuk pabrik, pembatasan mobilitas karyawan ke luar wilayah pabrik (lockdown), dan lain sebagainya.

Peraturan-peraturan seputar Covid-19 yang diterapkan di iPhone City tersebut konon tidak disukai oleh karyawan.

Baca juga: Peneliti Temukan Cara Tes Covid-19 Pakai Kamera Ponsel

Beberapa dari mereka bahkan berkeluh kesah di media sosial dan mengutarakan unek-uneknya. Sebab, mereka khawatir kasus Covid-19 di pabrik terus meningkat setiap hari terlepas dari pencegahan Covid-19 yang diterapkan Foxconn.

Selain itu, Foxconn juga disebut tidak becus menangani karyawan yang terdampak Covid-19, lantaran mereka tidak mendapatkan obat dan makanan yang layak.

Foxconn tampaknya tidak merespons soal keluh kesah karyawan yang tersebar di internet ini. Namun yang jelas, Foxconn mengatakan bahwa pihaknya bakal menangani karyawan yang terdampak Covid-19 dan pandemi sesuai dengan peraturan pemerintah setempat.

“Untuk sejumlah kecil karyawan yang terkena dampak pandemi, Foxconn, sesuai dengan kebijakan pencegahan Covid-19 di China, bakal memberikan dan memenuhi berbagai kebutuhan yang diperlukan karyawan," tulis Foxconn.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com