Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Nada Dering WA Sebut Nama Sendiri Tanpa Aplikasi dengan Mudah

Kompas.com - 27/10/2022, 17:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Aplikasi pesan instan WhatsApp atau biasa disingkat WA, memiliki beberapa koleksi bawaan nada dering sebagai peringatan bahwa terdapat notifikasi baru masuk. Namun, koleksi nada dering WA itu kadang terdengar monoton.

Bila Anda juga bosan dengan nada dering WA bawaan, cobalah untuk menggantinya dengan yang lebih menarik. Contonya, seperti nada dering WA yang bisa mengeluarkan bunyi menyebut nama sendiri.

Baca juga: 3 Website untuk Membuat Nada Dering WA Keren, Tak Cuma Bisa Suara Google

Lantas, bagaimana cara membuat notifikasi WA sebut nama sendiri? Nada dering WA sebut nama sendiri bisa dibuat dengan mudah, tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan lain. Ini bisa dibuat melalui situs web Sound of Text.

Untuk diketahui, situs web Sound of Text memiliki layanan utama untuk mengubah file teks menjadi audio. Lewat layanan itu, Anda bisa membuat audio dari teks yang terdapat muatan nama sendiri.

Audio yang menyebut nama sendiri itu nantinya dapat dipakai untuk nada dering WA. Tidak sabar ingin segera membuat nada dering WA sebut nama sendiri? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan cara membuat nada dering WA sebut nama sendiri tanpa aplikasi.

Cara membuat nada dering WA sebut nama sendiri

Membuat nada dering WA sebut nama sendiri via Sound of Text

  • Kunjungi situs web ini https://soundoftext.com/ lewat browser ponsel.
  • Selanjutnya, masukkan teks yang menyebut nama sendiri di kolom sesuai dengan keinginan.
  • Pilih suara dengan bahasa Indonesia dan klik opsi “Submit”.
  • Tunggu beberapa saat hingga situs web berhasil mengonversi teks jadi audio dengan menyebutkan nama sendiri tadi.
  • Bila telah berhasil dikonversi, file audio tersebut dapat diunduh dengan klik opsi “Download”.

Ilustrasi cara membuat nada dering WA sebut nama sendiri.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat nada dering WA sebut nama sendiri.

Baca juga: Apa itu Website Sound of Text yang Ramai Dicari Pengguna WA?

Memasang nada dering WA sebut nama sendiri

  • Audio yang menyebut nama sendiri bakal masuk di folder unduhan ponsel, biasanya dapat diakses pada aplikasi File Manager.
  • Untuk memasang audio yang bersumber dari unduhan menjadi nada dering WA, biasanya tiap ponsel bakal memiliki cara yang berbeda-beda.
  • Misalnya, bila di ponsel Xiaomi, mengganti nada dering WhatsApp dengan audio yang bersumber dari unduhan, caranya bisa dengan mengakses menu pengaturan.
  • Selanjutnya, pilih menu pengaturan “Notifikasi & Pusat Kontrol” dan klik opsi “Notifikasi aplikasi”.
    Ilustrasi cara memasang nada dering WA sebut nama sendiri. KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara memasang nada dering WA sebut nama sendiri.
  • Kemudian, pilih aplikasi WhatsApp dan klik opsi “Notifikasi”.
  • Setelah itu, pilih opsi “Suara” dan klik “nada dering lokal”.
  • Terakhir, buka opsi “File Manager” dan pilih audio yang tadi telah diunduh dari Sound of Text, lalu klik opsi “Terapkan”.

Ilustrasi cara memasang nada dering WA sebut nama sendiri.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara memasang nada dering WA sebut nama sendiri.

Kini, nada dering WA sebut nama sendiri telah berhasil dipasang di ponsel. Cukup mudah bukan untuk membuat nada dering WA sebut nama sendiri? Sebagai informasi tambahan, cara di atas sendiri dijajal pada ponsel Xiaomi dengan versi Android 10 dan MIUI 12.5.

Baca juga: Cara Ganti Nada Dering WhatsApp dengan Suara Google

Beda wadah untuk mengakses, mungkin bakal beda pula letak opsi dan langkah-langkahnya. Demikianlah penjelasan seputar cara membuat nada dering WA sebut nama sendiri dengan mudah melalui situs web Sound of Text, selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com