Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

25 Juta Orang Indonesia Streaming YouTube Pakai TV

Kompas.com - 29/10/2022, 13:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - YouTube menjadi aplikasi yang bisa diakses dari berbagai perangkat pintar termasuk televisi (TV). Berdasarkan data perusahaan, lebih dari 25 juta orang Indonesia dilaporkan streaming YouTube dari TV atau disebut "Connected TV".

Jumlah itu dihimpun YouTube hanya selama tahun 2022 saja.

Lebih rinci, YouTube mengatakan bahwa 80 persen orang dewasa di kota-kota terbesar di Indonesia menonton YouTube melalui TV mereka di rumah. Mereka yang memakai smart TV juga memanfaatkan perangkatnya untuk streaming YouTube, dengan persentase 87 persen.

Praktik ini turut mengubah cara orang Indonesia mendefinisikan TV. Pasalnya, 74 persen responden berkata bahwa "YouTube adalah TV" ketika mereka menonton platform streaming itu dari TV.

Baca juga: Harga YouTube Premium Terbaru di Indonesia per November 2022

Adapun konten teratas yang paling banyak ditonton oleh pengguna YouTube di Indonesia dari TV, meliputi konten musik, hiburan, serta konten tentang kesehatan fisik dan mental.

Orang Indonesia nonton YouTube 26 jam per bulan

Berdasarkan data yang dirilis We Are Social, pada Februari 2022, pengguna YouTube di Indonesia mencapai 139 juta.

Angka ini mewakili separuh penduduk di Indonesia berdasarkan perhitungan pada periode yang sama. Pasalnya, jumlah penduduk Indonesia pada Januari 2022 tercatat sebanyak 277,7 juta.

Pengguna YouTube di Indonesia rata-rata menonton YouTube selama 26,4 jam per bulan, melalui aplikasi versi Android.

Adapun video yang paling lama ditonton meliputi video tim sepak bola Indonesia yang naik 400 persen dibanding tahun lalu, video renovasi (naik 70 persen YoY) serta video motivasi kebugaran wanita (naik 100 persen YoY).

Baca juga: Pemasukan YouTube dari Iklan Rp 109 Triliun, Turun 2 Persen

Sejak tahun lalu, YouTube juga menghadirkan fitur video pendek atau disebut Shorts. Menurut perusahaan, saluran yang yang mengupload video Shorts dan video berdurasi panjang mengalami peningkatan waktu tonton.

Pertumbuhan jumlah subscriber secara kanal yang mengunggah video pendek itu juga meningkat, dibandingkan dengan channel yang hanya mengupload video berdurasi panjang.

Saat ini, YouTube sudah eksis selama 10 tahun di Tanah Air. Perusahaan mengeklaim saat ini ada lebih dari 1.300 channel yang memiliki lebih dari satu juta subscriber di Indonesia, naik 30 persen dibanding tahun 2021.

Lebih dari 16.200 channel lainnya memiliki jumlah subscriber lebih dari 100.000, naik 35 persen sejak tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com