Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tundra Esports Juara Dota 2 The International 2022, Bawa Hadiah Rp 132 Miliar

Kompas.com - 31/10/2022, 09:53 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah berkompetisi selama dua pekan, tim e-sports asal Inggris, Tundra Esports menjuarai kompetisi skala dunia di game Dota 2, The International 2022 (TI11).

Gelar juara sekaligus trofi "Aegis of Champions" diboyong Tundra Esports setelah mengalahkan Team Secret dengan skor sempurna 3-0 pada babak Grand Final yang digelar Minggu (31/10/2022).

Adapun predikat tim Dota 2 terbaik di dunia itu didapatkan Tundra Esports setelah menampilkan performa yang konsisten di sepanjang turnamen Dota 2 The International, baik itu di babak Group Stage, Main Event, hingga Grand Final.

Baca juga: Saat Tim Dota 2 Indonesia Tumbangkan Juara Dunia di The International 2022

Pada babak Group Stage, tim yang digawangi "skiter", "Nine", "33", "Saksa", dan "Sneyking" ini sukses menduduki posisi pertama di Group B dengan perolehan skor 14-4.

Hasil ini menempatkan Tundra Esports di tangga turnamen teratas (Upper Bracket) di babak Main Event. Mulai dari titik tersebut, Tundra Esports terus mendulang kemenangan.

Di Main Event, mereka dipertemukan dengan OG. Tundra Esports mengirimkan mantan juara Dota 2 The International 2018 dan 2019 itu ke tangga turnamen terbawah (Lower Bracket) dengan skor 2-0.

Tundra Esports memenangkan game 3-0 atas Team Secret di Grand Final Dota 2 The International 2022.Dota 2 Tundra Esports memenangkan game 3-0 atas Team Secret di Grand Final Dota 2 The International 2022.
Kemudian, Tundra Esports kembali mendominasi dan mengalahkan tim asal China, Team Aster ke Lower Bracket dengan skor yang sama, 2-0.

Tundra Esports kemudian bertemu dengan Team Secret di laga Upper Bracket Final. Team Secret yang kalah dalam pertandingan Upper Bracket Final harus rela turun ke Lower Bracket. Setelah itu keduanya kembali bertemu di ajang Grand Final.

Di laga Lower Bracket Final, Team Secret mengalahkan Team Liquid dengan skor 2-1, sehingga mereka melaju ke laga Grand Final bertemu kembali dengan Tundra Esports.

Namun, dominasi Tundra Esports tampaknya tidak bisa dibendung, sehingga Team Secret harus menelan kekalahan telak dengan skor 3-0.

Pada tiga game terakhir di babak Grand Final, Tundra Esports "digendong" oleh pemain andalannya yang bernama skiter.

Baca juga: Boom Esports Jadi Tim Dota 2 Pertama dari Indonesia yang Lolos ke The International

Menggunakan karakter (hero) unik seperti Naga Siren, Chaos Knight, dan Medusa, skiter sukses mematahkan strategi Team Secret di tiga game berturut-turut.

Sebagai pemenang Dota 2 The International 2022, Tundra Esports juga berhasil membawa pulang hadiah uang tunai senilai 8,5 juta dollar AS (sekitar Rp 132 miliar), selain trofi Aegis of Champions yang berlapis emas.

Siaran ulang laga Grand Final Tundra Esports melawan Team Secret di ajang Dota 2 The International 2022 bisa disimak di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com