Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asteroid Jumbo Melintas Dekat Bumi Malam Ini, Begini Cara Melihatnya

Kompas.com - 01/11/2022, 10:30 WIB
Reska K. Nistanto

Editor

Sumber CNET

KOMPAS.com - Sebuah asteroid relatif besar bernama 2022 RM4 akan terbang dekat dengan garis lintasan Bumi pada Selasa (1/11/2022) tengah malam WIB.

Asteroid 2022 RM4 memiliki diameter 740 meter atau sekitar enam kali tinggi menara Eiffel, dan akan melintas sejauh 2,3 juta kilometer atau enam kali jarak Bumi-Bulan.

Pusat Studi Objek Dekat Bumi JPL NASA mengkategorikan asteroid 2022 RM4 dengan tingkat Rarity (Kelangkaan) 2, yang artinya asteroid seperti ini hanya datang kira-kira setahun sekali.

Kelangkaan/Rarity adalah ukuran seberapa jarang asteroid dengan ukuran yang sama dan lebih besar dari Bumi terbang dekat Bumi.

Baca juga: Pesawat Ruang Angkasa NASA Tabrak Asteroid, Apa Tujuannya?

Menurut para astronomer, ukuran dan kedekatan 2022 RM 4 membuatnya menjadi terkenal dan banyak ditunggu melintasi Bumi.

"Ini tergolong dekat (dengan Bumi) untuk asteroid seukuran ini," ujar astronomer Tony Dunn di akun Twitter pribadinya.

Dunn juga membagikan foto wujud asteroid itu melalui akun Twitternya, dan menyebut jalur lintasan asteroid tersebut tidak berbahaya bagi Bumi. Ia juga menyebut asteroid 2022 RM4 bisa dipantau hanya dengan teleskop bintang rumahan.

Asteroid 2022 RM4 pertama kali dilihat oleh Observatorium Pan-Starrs di Hawaii pada September 2022, dan Pusat Planet Kecil dari International Astronomical Union mengeluarkan pengumuman resmi tentang asteroid tersebut pada 15 September.

Baca juga: Cara Oppo Bikin Tekstur Meteor Jatuh di Punggung Reno7

Cara melihat asteroid 2022 RM4

Bagi yang ingin melihat asteroid 2022 RM4 melintas, Virtual Telescope Project (VTP) berencana melakukan live stream di situsnya pada Selasa (1/11/2022) sore mulai pukul 17.00 WIB.

Dikutip KompasTekno dari Cnet, Selasa (1/11/2022), pendiri VTP, Gianluca Masi telah melacak asteroid 2022 RM4 dan menangkap penampakannya yang seperti titik terang kecil di kejauhan.

Asteroid 2022 RM4 (tanda panah) terlihat seperti bintang kecil di kejauhan.VTP/Gianluca Masi Asteroid 2022 RM4 (tanda panah) terlihat seperti bintang kecil di kejauhan.

Untuk melihat asteroid 2022 RM4 terbang melintas dekat Bumi, Anda bisa membuka halaman Virtual Telescope Project (VTP) di tautan berikut ini.

Asteroid 2022 RM4 memang besar dan secara kosmik dekat dengan Bumi, namun para ahli telah memastikan lintasannya tidak menimbulkan bahaya bagi Bumi.

Para ilmuwan di seluruh dunia selama ini juga telah berupaya meningkatkan kemampuan menemukan asteroid yang berpotensi berbahaya, dan melacak jalur mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com