Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendiri Twitter Jack Dorsey Bikin Medsos Baru Bluesky

Kompas.com - 02/11/2022, 07:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber People

KOMPAS.com - Satu minggu sebelum Elon Musk resmi membeli Twitter, mantan CEO sekaligus pendiri Twitter, Jack Dorsey dilaporkan sedang menguji aplikasi media sosial yang baru.

Media sosial baru buatan Jack Dorsey itu diberi nama “Bluesky”. Dikarenakan masih tahap uji coba, artinya aplikasi ini masih dalam proses pengembangan dan belum resmi diluncurkan ke publik.

Media sosial Bluesky sendiri awalnya sudah dibuat oleh Twitter sejak 2019 lalu. Tujuannya untuk mengembangkan konsep “desentralisasi”, layaknya raksasa media sosial lainnya.

Baca juga: Perjalanan Jack Dorsey, Twit Pertama hingga Pamit Tinggalkan Twitter

Namun, pada Februari lalu, perusahaan kembali mengumumkan pembentukan perusahaan baru Bluesky PBLCC sebagai organisasi independen yang berdiri sendiri.

Selain itu, perusahaan juga tidak merinci lebih lanjut terkait media sosial yang tengah dikembangkan. Sehingga fokus utama dari aplikasi tersebut masih belum diketahui.

Namun, berdasarkan keterangan perusahaan, Bluesky nantinya akan berfokus pada ruang terbuka untuk menampung percakapan publik. Nama aplikasi ini yang akan dijadikan sebagai nama perusahaan ke depannya.

Proses yang sudah dilakukan sejauh ini adalah tahap uji coba protokol aplikasi. Dalam keterangan tertulis, Bluesky disebut akan menggunakan protokol Authenticated Transfer Protocol (AT Protocol), yang biasanya dipakai untuk jaringan sosial gabungan yang dijalankan oleh beberapa situs, bukan satu situs.

Baca juga: Elon Musk Pecat 4 Petinggi Twitter, Salah Satu Digiring Keluar Gedung

“Saat ini kami menguji (aplikasi versi) beta, kami akan terus mengulangi spesifikasi protokol dan mengungkapkan detail tentang cara kerjanya. Saat sudah siap, kamu akan beralih ke open beta,” imbuh perusahaan, dirangkum KompasTekno dari People.com, Rabu (2/11/2022).

Lewat akun Twitter pribadi, Jack Dorsey mengatakan Bluesky akan menjadi pesaing bagi perusahaan manapun yang mengandalkan dasar-dasar dari media sosial ataupun menggunakan data-darta dari para penggunanya.

Jack Dorsey mengundurkan diri sebagai CEO Twitter pada November 2021 lalu. Keputusannya angkat kaki dari perusahaan karena menyesal atas apa yang sudah terjadi di Twitter.

Dengan kehadiran media sosial terbaru ini, tampaknya Dorsey akan memecahkan permasalahan yang terjadi di Twitter lewat aplikasi media sosial terbarunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber People
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com