Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konektor USB-A Absen di Laptop Asus ZenBook S13 OLED, Mengapa?

Kompas.com - 02/11/2022, 09:00 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mayoritas laptop yang berada di pasaran masih dibekali dengan konektor USB konvensional, yaitu USB tipe-A (USB-A).

Konektor ini biasanya digunakan untuk mentransfer data dari smartphone, kamera, dan gadget lainnya ke laptop atau sebaliknya, atau menghubungkan periferal komputer macam mouse dan lain-lain.

Meski demikian, salah satu laptop terbaru dari Asus yang dipasarkan di Indonesia, yaitu Asus ZenBook S 13 OLED, tidak dibekali dengan konektor USB-A sama sekali.

Sebagai gantinya, mereka membekali laptop tersebut dengan tiga buah konektor USB yang lebih modern, yaitu USB tipe-C (USB-C) 3.2 Gen 2.

Baca juga: Asus ZenBook S13 OLED Resmi di Indonesia, Laptop Tipis Berbobot 1,1 Kg

Technical Public Relation Asus Indonesia, Riandanu Madi Utomo, mengatakan bahwa Asus harus menghilangkan USB-A di ZenBook S 13 OLED karena tuntutan desain laptop tersebut.

"Karena kami ingin mengejar aspek tipis dari laptop ini, maka kami memutuskan untuk tidak menyertakan konektor USB-A di ZenBook S 13 OLED," ujar pria yang akrab disapa Danu itu di acara media gathering yang digelar Asus di Jakarta, Selasa (1/11/2022).

Asus ZenBook S 13 OLED.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Asus ZenBook S 13 OLED.
Masih seputar konektor, secara keseluruhan, Asus ZenBook S 13 OLED dilengkapi dengan tiga buah konektor USB-C dan satu buah audio jack berukuran 3,5 mm.

Laptop ini tidak dibekali dengan konektor pengisi daya khusus juga tanpa konektor HDMI. Pengisian daya, lanjut Danu, dapat dilakukan melalui konektor USB-C.

"Ketiga konektor USB-C di laptop ini mendukung fitur Power Delivery, sehingga daya laptop bisa diisi menggunakan power bank, serta Display Output untuk menampilkan konten laptop di layar lain," pungkas Riandanu.

Seperti disebutkan di atas, hilangnya USB-A berhubungan dengan desain Asus ZenBook S 13 OLED. Secara tampilan, laptop ini diklaim merupakan laptop OLED 13,3 inci tertipis di dunia dengan bobot 1,1 kg dan dimensi ketebalan 1,5 cm.

Baca juga: Asus VivoBook 14X Punya Kipas Pendingin Ala Laptop Gaming ROG

Desain yang tipis nan ringan membuat laptop tersebut menjadi jagoan (hero product) Asus dari keluarga ZenBook di Indonesia menjelang akhir tahun ini.

Di Tanah Air, Asus ZenBook S 13 OLED tersedia dalam varian warna Ponder Blue, Aqua Celadon, Vestige Beige dan Refined White.

Harganya dipatok di angka Rp 20.299.000 dan sudah tersedia di sejumlah toko offline dan online mitra Asus di seluruh Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com