Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DxOMark: Kamera Huawei Mate 50 Pro Ungguli Pixel 7 Pro

Kompas.com - 02/11/2022, 17:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - DxOMark, situs benchmark yang kerap melakukan pengujian kualitas kamera/hasil foto smartphone, menobatkan Huawei Mate 50 Pro sebagai ponsel dengan skor kamera terbaik saat ini.

Setelah diuji, skor DxOMark Huawei Mate 50 Pro mencapai 149 poin dalam kategori kamera, mengungguli Pixel 7 Pro yang tercatat mengantongo skor 147 poin.

Ponsel yang resmi meluncur di China pada September 2022 itu, memiliki konfigurasi 3 kamera belakang beresolusi 50 MP, 64 MP, 13 MP, dan kamera depan 13 MP. Kamera belakangnya juga dibekali OIS (Optical Image Stabilization), dan zoom optik 3,5x.

Baca juga: Vendor Ogah Kirim Ponsel untuk Diuji Kameranya, Ini Penjelasan DxOMark

Menurut DxOMark, kamera Mate 50 Pro mampu menghasilkan campuran warna yang “enak dilihat mata” dalam kondisi cahaya yang cukup, bokeh yang baik, detail yang baik bahkan saat melakukan zoom, dan fitur auto-fokus yang terkontrol dengan baik saat merekam video.

Tidak hanya itu, kamera yang dimiliki perangkat juga dapat menghasilkan potret dengan cakupan bidang gambar yang luas, baik saat memotret foto maupun merekam video.

Namun, DxOMark juga menyoroti kekurangan kamera belakang Mate 50 Pro. Misalnya pada kinerja White Balance, pemrosesan gambar XMAGE AI, dan shutter lag, sehingga dapat membuat pengguna kehilangan momen yang diinginkan.

Spesifikasi Huawei Mate 50 Pro

Huawei Mate 50 Pro merupakan model tertinggi dari Mate 50 series, selain Huawei 50 “reguler” dan Huawei Mate 50 RS Porsche Design.

Sebagai model tertinggi, tentunya perangkat ini memiliki sejumlah spesifikasi yang memupuni dibanding seri lainnya. Misalnya, dari segi layar, perangkat dibekali panel OLED berbentang 6,64 inci, resolusi 1.212 x 2.616 piksel, refresh rate 120 Hz, dan touch sampling rate 300 Hz.

Masih di bagian layar, ponsel ini juga dihiasi poni yang cukup panjang untuk menampung kamera selfie 13 MP dan sebuah sensor kamera ToF 3D. Sensor tersebut berfungsi sebagai kamera depth sensor dan sensor biometriks.

Baca juga: Huawei Mate 50 Series Meluncur dengan Snapdragon 8+ Gen 1

Untuk menunjang performanya, perangkat ini ditenagai chipset Qualcomm, Snapdragon 8 Plus Gen 1 dengan arsitektur 4nm. Chipset dipadukan dengan RAM 8 GB dan media penyimpanan 256/512 GB.

Baterai yang dimiliki berkapasitas 4.700 mAH didukung fast charging 66 watt. Sementara itu, sistem operasi yang dijalankan adalah HarmonyOS bikinan Huawei sendiri.

Fitur pendukung lainnya, dukungan e-SIM, in-display fingerprint scanner (pemindai sidik jari di bawah layar), NFC, Bluetooth 5.2, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, USB-C, stereo speaker, dan mengantongi sertifikasi IP68.

Varian warna yang tersedia, yaitu Hitam, Silver, Ungu, dan Oranye. Untuk banderol harganya sekitar 6.799 yuan atar setara dengan Rp 14,5 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com