Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Setting Set Top Box TV Digital di TV Analog Biasa dan Mencari Sinyalnya

Kompas.com - 03/11/2022, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Siaran TV analog dimatikan mulai 2 November 2022 di sejumlah wilayah secara bertahap. Masyarakat yang berada di wilayah terdampak tidak bakal lagi bisa menonton siaran TV analog dan harus bermigrasi ke siaran TV digital.

Supaya bisa menonton siaran TV digital, masyarakat tak harus membeli perangkat TV digital baru. Masyarakat tetap dapat menikmati siaran TV digital melalui perangkat TV analog biasa yang lama.

Baca juga: Warga Jabodetabek Tak Bisa Nonton Siaran TV Analog Mulai Tengah Malam Ini

Namun, untuk dapat menonton siaran TV digital di TV analog biasa, diperlukan perangkat tambahan Set Top Box (STB) atau biasa disebut juga dengan Digital TV Box. Perangkat ini dibekali fitur DVB-T2 yang dapat menangkap sinyal digital.

Lalu, mengonversinya agar dapat diterima TV analog biasa atau TV non-digital. Sehingga, dengan fitur DVB-T2 yang tersedia dalam Digital TV Box, masyarakat tetap bisa nonton siaran TV digital meski hanya menggunakan TV non-digital.

Digital TV Box saat ini cukup banyak tersedia di beberapa marketplace seperti Shopee dan Tokopedia, dengan harga mulai Rp 100.000-an. Bila hendak membeli, tak ada salahnya untuk cek dulu di artikel ini “5 STB Murah untuk Nonton Siaran TV Digital”.

Lantas, bagaimana cara memasang Set Top Box di TV non-digital? Secara umum, terdapat dua perangkat utama yang dibutuhkan untuk menonton siaran TV digital di TV analog, yakni antena penangkap sinyal dan STB.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan lengkap mengenai langkah-langkah pemasangan Set Top Box TV digital di TV analog biasa.

Langkah-langkah pemasangan Set Top Box TV digital di TV analog biasa

Cara setting Set Top Box di TV biasa

  • Siapkan STB dan TV analog
  • Pastikan STB tersebut berjenis DVB-T2 yang mendukung sambungan antena pada TV analog
  • Pastikan TV analog telah dalam posisi power off atau daya mati
  • Cabut kabel antena yang telah terpasang di TV analog
  • Sambungkan kabel antena ke port yang biasanya bernama “ANT IN” dan tersedia di bagian punggung STB
  • Sambungkan kabel HDMI dari port di STB ke TV analog
  • Bila TV analog belum mendukung sambungan HDMI, bisa juga disambungkan dengan kabel AV yang biasanya memiliki tiga ujung konektor berwarna merah, kuning, dan putih.

Cara memasang STB agar tv biasa bisa dapat siaran digitalKOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara memasang STB agar tv biasa bisa dapat siaran digital

Baca juga: Apakah Semua TV LED Merupakan TV Digital? Begini Penjelasannya

Cara mencari sinyal Set Top Box di TV biasa buat nonton siaran TV digital

  • Setelah jaringan antena, STB, dan TV telah terhubung semua, mulai sambungkan STB dengan daya.
  • Kemudian, nyalakan STB dan TV analog.
  • Masuk ke menu pengaturan TV analog, pilih mode tampilan AV dan bakal muncul menu pengaturan STB.
  • Setelah pengaturan menu STB muncul, pilih opsi pencarian saluran. Di opsi ini, pada beberapa STB, terkadang terdapat pengaturan kode pos. Bila pengaturan itu tersedia, silakan isi kode pos sesuai wilayah domisili.
  • Kemudian, silakan tekan opsi "Pencarian Otomatis". STB akan secara otomatis mencari sinyal siaran TV digital yang tersedia di sekitar wilayah domisili.
  • Saat proses pemindaian selesai, siaran TV digital dari berbagai channel bakal segera bisa dinikmati.

Cara memasang STB agar bisa menonton siaran digitalKOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara memasang STB agar bisa menonton siaran digital

Cukup mudah bukan cara setting Set Top Box di TV analog biasa dan mencari sinyalnya? Sebagai informasi tambahan, tiap Digital TV Box kadang memiliki pengaturan yang berbeda. Penjelasan pengaturan yang lebih spesifik juga bisa dibaca di buku panduan perangkat.

Untuk diketahui pula, sebelum membeli Digital TV Box, pastikan perangkat telah didukung fitur DVB-T2 sesuai standar penyiaran TV digital di Indonesia. Jenis STB yang telah sesuai standar bisa dicek di website ini https://siarandigital.kominfo.go.id/.

Baca juga: 5 Smart TV Murah buat Nonton Siaran TV Digital Tanpa STB, mulai Rp 1 Juta-Rp 2 Jutaan

Demikianlah penjelasan seputar langkah-langkah pemasangan Set Top Box TV digital di TV analog biasa, mulai dari pengaturan perangkat hingga pencarian sinyalnya, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com