BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Dari Ilustrasi Puisi hingga Film Pendek, Ini Deretan Karya Seni Berkualitas yang Dibuat dengan Oppo Find X Series

Kompas.com - 03/11/2022, 15:25 WIB
Aningtias Jatmika,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sejak diluncurkan pada 2011, Oppo Find X Series secara konsisten digunakan seniman untuk menghasilkan karya seni berkualitas tinggi.

Oppo Find X2 Series, misalnya, dipakai Miles Films untuk membuat serial ilustrasi puisi bertajuk “Tidak Ada New York Hari Ini-Supported by Oppo Indonesia”.

Proyek kesenian yang didukung Oppo Indonesia dan dirilis pada Desember 2020 tersebut menampilkan empat ilustrasi puisi “Tidak Ada New York Hari Ini” karya Aan Mansyur dalam format film animasi pendek.

Pada pembuatan serial ilustrasi puisi itu, Oppo Indonesia dan Miles Films menggandeng sejumlah ilustrator berbakat, seperti Wulang Sunu, Lala Bohang, Rhesa, dan Pinot. Pembuatan film itu juga melibatkan Nicholas Saputra sebagai narator.

Creative Strategic Planner Oppo Indonesia Andri Hilary mengatakan, sebagai produk flagship Oppo, Oppo Find X2 Series menghadirkan teknologi yang mendukung kreativitas dan menginspirasi masyarakat.

“Serial ilustrasi puisi itu juga menunjukkan komitmen Oppo dalam mendukung industri seni dan kreatif Indonesia yang berusaha bangkit di masa pandemi Covid-19,” ujar Andri.

Oppo Find X2 hadir dengan teknologi layar 10 Bit yang dapat menampilkan 1,073 miliar warna, resolusi 2k HDR (High Dynamic Range) dan refresh rate 120 HzOppo Indonesia Oppo Find X2 hadir dengan teknologi layar 10 Bit yang dapat menampilkan 1,073 miliar warna, resolusi 2k HDR (High Dynamic Range) dan refresh rate 120 Hz

Andri menjelaskan, Oppo Find X2 Series mengunggulkan kamera terbaik di kelasnya. Dengan demikian, smartphone ini mampu menghasilkan gambar serta video, termasuk serial ilustrasi puisi tersebut, dengan warna yang kaya dan berkualitas.

Hampir setahun berselang, Oppo Indonesia kembali menggandeng sineas kenamaan Indonesia, yakni Garin Nugroho, Jay Subiyakto, dan Riri Riza, untuk membuat film.

Kali ini, ketiga Oppo CineFinders tersebut mempersembahkan tiga film pendek yang keseluruhan pengambilan gambarnya menggunakan Oppo Find X3 Pro 5G. Ketiga film itu berjudul Siklus, Dedari, dan You and Me in Low Angle.

Baca juga: Membandingkan Oppo Find X3 Pro 5G dan Find X2 Pro, Apa Saja Bedanya?

Sebagai sutradara kawakan, Garin telah mencicipi berbagai jenis kamera dengan teknologi yang serba-terbatas dalam pembuatan film, mulai dari kamera 8 milimeter (mm), 15 mm, hingga 35 mm.

“Oppo menyediakan teknologi pengambilan gambar yang canggih meski hanya melalui Oppo Find X3 Pro 5G. Hal tersebut bisa dilakukan dalam satu genggaman saja,” kata Garin seperti diberitakan Kompas.com, Selasa (19/10/2021)

Melalui Oppo Find X3 Pro 5G, lanjut dia, Oppo memberikan ruang kepada pengguna untuk berkreasi. Misalnya, melalui kamera wide yang mampu mengambil gambar lebih lebar dan detail.

Menurut Garin, seluruh fitur Oppo Find X3 Pro 5G juga dapat dieksplorasi dan disesuaikan dengan kebutuhan personal ataupun profesional pengguna.

Smartphone itu juga memiliki bobot ringan, adaptasi warna yang bagus, dan kualitas kamera yang tajam,” tutur Garin.

Garin Nugroho saat syuting film Siklus menggunakan Oppo Find X3 Pro 5G. Oppo Indonesia Garin Nugroho saat syuting film Siklus menggunakan Oppo Find X3 Pro 5G.

Hal senada diungkapkan Riri. Ia merasa takjub dengan teknologi smartphone flagship terkini, terutama dalam menghadirkan fitur kamera dengan kepekaan lensa yang baik.

Lensa kamera smartphone itu, katanya, sudah beresolusi tinggi dan mampu mengambil gambar setajam kamera profesional. Tak heran, gadget ini mampu menjadi alat perekam gambar untuk pembuatan film.

Smartphone bisa digunakan untuk mengambil gambar dari sudut yang tak terbayangkan bila dibandingkan kamera profesional dengan ukuran lebih besar,” kata Riri.

Menurutnya, Oppo Find X3 Pro 5G punya spesifikasi dan fitur yang dibutuhkan dalam pembuatan film. Smartphone flagship ini dibekali beragam fitur canggih, mulai dari AI Highlight Video, 4K Cinematic Mode, RawPlus, sampai AI Scene Enhancement.

Film pendek bertema romansa misteri

Seperti dua generasi pendahulunya, Oppo Find X5 Pro juga dipakai untuk membuat film berkualitas. Pada proyek film pendek terbaru, Oppo Indonesia kembali menggandeng Miles Films dan Nicholas Saputra.

Kolaborasi tersebut menghasilkan film pendek bergenre romansa misteri berjudul Kau, Rabu, dan Perkara2 Sepintas Lalu. Adapun seluruh gambar dalam film berdurasi 30 menit itu diambil menggunakan kamera pada Oppo Find X5 Pro 5G.

Nicholas Saputra memerankan film pendek Kau, Rabu, dan Perkara2 Sepintas LaluOppo Nicholas Saputra memerankan film pendek Kau, Rabu, dan Perkara2 Sepintas Lalu

Untuk diketahui, Kau, Rabu, dan Perkara2 Sepintas Lalu bercerita tentang seorang penulis bernama Rhun (diperankan Nicholas Saputra) yang terpikat oleh pembaca novelnya. Film ini disutradarai secara apik oleh Riri Riza dan diproduseri oleh Mira Lesmana.

Chief Marketing Officer Oppo Indonesia Patrick Owen mengatakan bahwa Oppo merasa bangga bisa kembali berkolaborasi dengan sutradara sekaligus figur CineFinders, yakni Riri Riza.

“Kolaborasi tersebut merupakan bentuk komitmen Oppo terhadap industri kreatif Tanah Air, termasuk film,” ujar Patrick seperti diberitakan Kompas.com, Kamis (6/10/2022)

Sementara itu, Riri menuturkan, pada kolaborasi kedua bersama Oppo itu, ia mencoba lebih mengeksplorasi berbagai teknik pengambilan gambar menggunakan smartphone Oppo Find X5 Pro 5G.

“Tidak mudah melakukan pengambilan gambar dalam kondisi minim cahaya guna menampilkan suasana romansa misteri,” ucap Riri.

Tone warna gelap, lanjut Riri, sering kali menjadi kendala dalam menampilkan emosi pemain. Meski demikian, kendala tersebut dapat teratasi dengan menggunakan Oppo Find X5 Pro 5G.

Baca juga: Jajal Fitur Kamera Oppo Find X5 Pro 5G, Renatta Moeloek Dibuat Terpukau

Pada kesempatan sama, Produser Miles Films Mira Lesmana juga mengatakan bahwa dirinya merasa senang dapat mendesain produksi untuk film pendek. Pasalnya, dia dan tim produksinya dapat merancang ide cerita yang unik dengan lebih bebas dan bujet terjangkau.

“Kemajuan teknologi memungkinkan siapa saja bisa membuat film dengan smartphone. Perangkat ini memudahkan sineas muda untuk dalam pengambilan gambar untuk karya-karya film mereka,” kata Mira.

Sementara itu, aktor sekaligus Brand Ambassador Oppo Indonesia Nicholas Saputra mengatakan, tantangan dalam pengambilan gambar yang sulit dimudahkan dengan inovasi teknologi yang dihadirkan Oppo Find X5 Pro 5G.

“Hasil pengambilan gambar dengan kamera Oppo Find X5 Pro 5G setara dengan kamera profesional,” ujar pria yang akrab disapa Nico itu.

Varian Oppo Find X5 Pro 5G hadir dalam dua pilihan warna, Ceramic White dan Glaze Black. Oppo Indonesia Varian Oppo Find X5 Pro 5G hadir dalam dua pilihan warna, Ceramic White dan Glaze Black.

Nico menjelaskan, teknologi terbaru yang ada pada Oppo Find X5 Pro 5G, yakni Ultra Night Video berkualitas 4K dan chip neural processing unit (NPU) MariSilicon X, membuktikan bahwa smartphone dapat membantu pengembangan industri kreatif.

Adapun Oppo Find X5 Pro 5G merupakan smartphone pertama yang memiliki fitur video Ultra Night Video dengan kualitas 4K.

Dikombinasikan dengan artificial intelligence noise reduction (AINR) serta 3D noise reduction (3DNR), fitur tersebut dapat memaksimalkan detail dan rentang dinamis video. Kombinasi ini pun mampu merepresentasikan gerakan dengan lebih baik.

Flagship smartphone itu juga dibekali dengan dual flagship camera, yakni kamera utama dan ultra-wide yang memiliki sensor Sony IMX766 beresolusi 50 megapiksel (MP).

Selain itu, Oppo Find X5 Pro 5G juga menggunakan lensa kamera berbahan kaca yang mampu mengurangi penyimpangan hingga 77 persen ketimbang lensa berbahan plastik. Keunggulan ini membuat lensa tersebut mampu meningkatkan akurasi warna.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com