Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Spesifikasi Xiaomi 13 Pro, Pakai Kamera Xiaomi 12S Ultra?

Kompas.com - 03/11/2022, 16:44 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Xiaomi kabarnya tengah bersiap meluncurkan flagship anyar bertajuk Xiaomi 13. Ponsel ini diduga kuat akan menjadi suksesor dari Xiaomi 12 yang dirilis perusahaan pada akhir tahun lalu.

Seperti pendahulunya, Xiaomi 13 diyakini hadir dalam beberapa model, antara lain Xiaomi 13 "reguler" dan Xiaomi 13 Pro. Jelang peluncurannya, bocoran terkait spesifikasi Xiaomi 13 mulai beredar di internet. Terbaru, tipster (pembocor) gadget Yogesh Brar membagikan bocoran spesifikasi Xiaomi 13 Pro.

Bocorannya terbilang lengkap karena meliputi chipset yang digunakan, RAM, kamera, baterai hingga kapasitas penyimpanan internalnya.

Baca juga: Bocoran Awal Spesifikasi Xiaomi 13, Pakai Chipset Snapdragon 8 Gen 2?

Menurut postingan yang dibagikan di akun Twitter Yogesh Brar ber-handle @heyitsyogesh, Xiaomi 13 Pro akan hadir dengan layar LTPO 6,7 inci yang menawarkan resolusi 2K.

Aspek hardware-nya ditenagai oleh chip Snapdragon 8 Gen 2. Ini merupakan chip baru dan tertinggi dari Qualcomm untuk saat ini.

Chip itu bakal dipadukan dengan RAM besar, mulai dari 8 GB hingga 12 GB. Adapun penyimpanannya menurut Brar akan tersedia dalam tiga opsi mulai dari 128 GB, 256 GB dan 512 GB.

Baca juga: Xiaomi Redmi A1 Resmi di Indonesia, Harga Mulai Rp 1,1 Juta

Pada aspek kamera, Xiaomi 13 Pro disebut akan mengusung tiga kamera belakang. Ketiganya memiliki resolusi yang sama, masing-masing 50 MP. Akan tetapi, jenis sensor yang digunakan pada masing-masing kamera berbeda, terdiri dari kamera utama, ultrawide dan telefoto.

Secara khusus kamera utamanya disebut sama dengan Xiaomi 12S Ultra, yaitu sensor 1 inci Sony IMX989.

Penampang kamera pada Xiaomi 12S Ultra.XDA Developer Penampang kamera pada Xiaomi 12S Ultra.

Untuk kamera depannya, Xiaomi 13 Pro digadang-gadang mengusung resolusi 32 MP.

Ponsel ini kabarnya juga akan dibekali dengan pengaturan warna hasil kolaborasi Xiaomi dengan produsen lensa kenamaan, Leica. Selain itu, Xiaomi 13 Pro juga akan ditenagai chip pencitraan Surge C2.

Baca juga: Xiaomi 13 Akan Meluncur Lebih Cepat?

Bocoran lainnya adalah Xiaomi 13 Pro bakal ditopang baterai 4.800 mAh disertai dukungan fast charging 120 watt. Sementara sistem operasinya didukung Android 13 dan antarmuka MIUI 14.

Mirip Xiaomi 12 Pro

Secara umum spesifikasi yang dibagikan oleh tipster di atas mirip dengan Xiaomi 12 Pro. Misalnya pada aspek chip pencitraan Surge C2, resolusi kamera hingga dukungan fast charging-nya yang sama-sama 120 watt.

Adapun perbedaannya adalah chipset yang bakal menopang dapur pacu Xiaomi 13 Pro, karena Xiaomi 12 Pro menggunakan chip Snapdragon 8 Gen 1.

Perbedaan lainnya yaitu pada aspek baterai, karena ponsel andalan Xiaomi yang rilis tahun lalu ini dibekali daya 4.600 mAh. Bila bocoran dari Brar akurat, maka Xiaomi 13 Pro punya baterai yang lebih besar dibanding pendahulunya.

Xiaomi 13 Pro ditaksir rilis akhir tahun ini, sekitar November atau Desember. Sebagai gambaran, Xiaomi 12 Pro dirilis Xiaomi pada Desember tahun lalu, dihimpun dari GSM Arena, Kamis (3/11/2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com