Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mendapatkan Siaran TV Digital dengan Antena Biasa di TV Analog

Kompas.com - 05/11/2022, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Siaran TV analog dimatikan sejak 2 November lalu di sejumlah wilayah, termasuk yang pertama adalah Jabodetabek. Sebagai gantinya, masyarakat di wilayah terdampak ASO (Analog Switch Off) hanya bisa menonton siaran TV digital.

Dalam hal menonton siaran TV digital, masyarakat tak perlu membeli perangkat TV digital baru. Masyarakat tetap bisa mendapatkan siaran TV digital dengan menggunakan TV analog biasa dan antena penangkap sinyal yang telah lama dipakai sebelumnya.

Baca juga: Mengapa TV Analog Perlu STB atau Digital TV Box untuk Nonton Siaran TV Digital?

Supaya bisa mendapatkan siaran TV digital di TV analog, syaratnya hanya perlu menggunakan perangkat tambahan Set Top Box (STB) atau Digital TV Box yang mendukung fitur DVB-T2 untuk menerima sinyal digital.

Penting diketahui, tidak semua STB mendukung fitur DVB-T2. Oleh karena itu, ketika hendak membeli STB, pastikan terdapat label yang menyatakan bahwa perangkat telah mendukung fitur DVB-T2.

Sementara itu, bagaimana dengan perangkat antena penangkap sinyal yang digunakan? TV analog harus pakai antena apa? Antena untuk siaran TV digital tak memiliki kriteria khusus yang harus dipenuhi.

Sebagaimana sempat disinggung di atas, masyarakat tetap dapat menggunakan antena biasa, yaitu antena UHF (Ultra High Frequency) berjenis indoor (dalam ruangan) atau outdoor (luar ruangan), buat mendapatkan siaran TV digital di TV analog.

Antena berfungsi untuk menangkap sinyal digital yang dibagikan oleh stasiun pemancar dari lembaga penyiaran. Antena biasa tetap dapat dipakai di TV analog untuk mendapatkan siaran TV digital, asalkan dihubungkan ke STB terlebih dahulu.

Bila tak ada kriteria khusus, lalu bagaimana cara mendapatkan siaran TV digital dengan antena biasa di TV analog? Secara umum, terdapat dua proses cara yang harus dilakukan. Pertama, menghubungkan perangkat antena, Digital TV Box, dan TV analog.

Kedua, mulai mencari sinyal siaran TV digital setelah perangkat terhubung semua. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan cara mendapatkan siaran TV digital dengan antena biasa di TV analog.

Baca juga: 5 STB Murah buat Nonton Siaran TV Digital, Mulai Rp 100.000-an

Cara mendapatkan siaran TV digital dengan antena biasa di TV analog

Menghubungkan antena, STB, dan TV analog

  • Pastikan STB berjenis DVB-T2 yang mendukung sambungan antena pada TV analog
  • Pastikan TV analog telah dalam posisi power off atau daya mati
  • Cabut kabel antena yang telah terpasang di TV analog sebelumnya
  • Sambungkan kabel antena itu ke port atau lubang colokan bernama “ANT IN” yang biasanya tersedia di bagian punggung STB
  • Sambungkan kabel HDMI dari port di STB ke TV analog
  • Bila TV analog belum mendukung koneksi HDMI, bisa juga disambungkan dengan kabel AV yang biasanya memiliki tiga ujung konektor berwarna merah, kuning, dan putih.

Cara memasang kabel video audio di STB dan TV.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara memasang kabel video audio di STB dan TV.

Mencari sinyal siaran TV digital

  • Setelah antena, STB, dan TV terhubung semua, silakan mulai sambungkan STB dengan daya.
  • Kemudian, nyalakan STB dan TV analog.
  • Masuk ke menu pengaturan TV analog, pilih mode output tampilan AV atau HDMI sesuai kabel yang dipakai untuk menyambungkan STB.
  • Setelah masuk ke mode output tampilan tersebut, bakal muncul menu pengaturan STB.
  • Bila menu pengaturan STB muncul, pilih opsi pencarian saluran. Di opsi ini, pada beberapa STB, terkadang terdapat pengaturan kode pos. Bila pengaturan itu tersedia, silakan isi kode pos sesuai wilayah domisili.
  • Kemudian, silakan tekan opsi "Pencarian Otomatis". STB akan secara otomatis mencari sinyal siaran TV digital yang tersedia di sekitar wilayah domisili.
  • Saat proses pemindaian selesai, siaran TV digital dari berbagai channel bakal segera bisa dinikmati.

Ilustrasi cara mencari sinyal siaran TV digital di TV analog yang menggunakan STB dan antena biasa.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Ilustrasi cara mencari sinyal siaran TV digital di TV analog yang menggunakan STB dan antena biasa.

Cukup mudah bukan cara mendapatkan siaran TV digital dengan antena biasa di TV analog? Demikianlah penjelasan seputar cara mendapatkan siaran TV digital dengan antena biasa di TV analog menggunakan Digital TV Box.

Sebagai informasi tambahan, jika antena, STB, dan TV analog telah terhubung, tapi ternyata tidak ada sinyal siaran TV digital, cobalah untuk memeriksa jangkauan sinyal siaran TV digital yang tersedia di wilayah domisili atau tempat tinggal.

Baca juga: Apakah Semua TV LED Merupakan TV Digital? Begini Penjelasannya

Untuk memeriksa jangkauan sinyal siaran TV digital yang tersedia, caranya bisa dengan menggunakan aplikasi SinyalTVDigital. Penjelasan yang lebih lengkap soal cara tersebut bisa dibaca di artikel ini “Cara Cek Channel TV Digital lewat Ponsel”.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com