Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Samsung Galaxy A14, Kamera Selfie-Layar Naik dan Langsung Android 13

Kompas.com - 06/11/2022, 08:00 WIB
Caroline Saskia,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung dikabarkan tengah mempersiapkan ponsel terbarunya dari lini smartphone Galaxy A-series, yaitu Samsung Galaxy A14 4G.

Ponsel ini diprediksi sebagai penerus dari Galaxy A13 yang sudah meluncur di Indonesia pada Maret 2022 lalu. Bocoran informasi Galaxy A14 ini diungkap oleh media teknologi asal Belanda, Galaxy Club.

Dalam laporannya, Galaxy A14 terungkap memiliki kesamaan dan perbedaan dengan Samsung A13. Keduanya sama-sama memiliki kamera utama 50 MP.

Sedangkan kamera depan, Samsung A14 disebut bakal memiliki resolusi yang lebih tinggi dari Galaxy A13, yaitu 13 MP versus 8 MP.

Perbedaan lain, Samsung Galaxy A14 konon memiliki layar yang lebih luas. Samsung A14  akan mengusung layar LCD seluas 6,8 inci dengan resolusi 2.408 x 1.080 piksel. Sedangkan, Galaxy A13 dibekali layar IPS LCD berbentang 6,6 inci dengan menawarkan resolusi Full HD Plus.

Bocoran lain terkait spesifikasi ponsel ini juga ditemukan oleh My Smart Price. Ponsel yang diduga Samsung A14 tersebut muncul di situs benchmark Geekbench, dengan nomor seri SM-A145P.

Di situs Geekbench, Samsung Galaxy A14 tertulis mengandalkan chipset besutan MediaTek, Helio G80 SoC. Chipset tersebut menawarkan kecepatan hingga 2,0 GHz dan menggunakan pengolah grafis (GPU) Mali G52, seperti dikutip KompasTekno dari My Smart Price, Minggu (6/11/2022).

Chipset disinyalir akan dipadankan dengan RAM 4 GB dan media penyimpanan 64 GB. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa perusahaan bakal menyediakan varian 6GB/12GB, seperti pendahulunya.

Untuk segi ketahanannya, perangkat bakalan ditopang baterai berkapasitas 5.000 mAH dengan mendukung pengisian daya cepat (fast charging) 25 watt.

Samsung A14 disebut bakal langsung dibekali Android 13 yang dipoles dengan OneUI 5.0, antarmuka terbaru bikinan Samsung.

Baca juga: Samsung OneUI 5.0 Mulai Disebar, Ini Jadwal dan Daftar Ponsel yang Kebagian Lebih Awal

Spesifikasi dan detail lain seperti tampilan dan fitur perangkat masih belum diketahui lebih lanjut. Mengingat spesifikasi di atas masih bersifat bocoran.

Namun, dikarenakan ponsel ini sudah muncul di situs Geekbench, kemungkinan besar ponsel yang diduga Galaxy A14 ini bakal diperkenalkan dalam waktu dekat.

Baca juga: Tabel Spesifikasi Serta Harga Samsung Galaxy A13 RAM 4 dan 6 GB

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com