Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengubah TV Tabung Jadi TV Digital dengan Menggunakan Set Top Box

Kompas.com - 08/11/2022, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Menonton siaran TV digital tak hanya bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat TV digital, yang telah didukung fitur bawaan DVB-T2 (Digital Video Broadcasting – Terrestrial Second Generation) secara langsung (built-in).

Sejak siaran TV analog dimatikan mulai 2 November lalu, masyarakat yang berada di wilayah terdampak ASO (Analog Switch Off) bisa menonton siaran TV digital dengan tetap menggunakan perangkat TV analog atau TV non-digital lama.

Baca juga: Apakah Pakai Set Top Box Harus Ganti Antena untuk Nonton Siaran Digital di TV Analog?

Syaratnya, perangkat TV analog yang digunakan harus dipasangkan dengan perangkat tambahan Set Top Box (STB). Perangkat yang biasa disebut juga Digital TV Box itu berfungsi menerima dan mengonversi konten sinyal digital agar bisa tayang di TV analog.

Digital TV Box bisa dipasangkan di berbagai jenis TV analog. Lantas, apakah TV tabung bisa menerima siaran TV digital? Secara penerimaan sinyal, TV tabung rata-rata tidak memiliki fitur bawaan DVB-T2.

Dengan ketiadaan fitur bawaan DVB-T2, TV tabung tergolong sebagai salah satu jenis TV analog. TV tabung umumnya hanya bisa menayangkan konten penyiaran audio dan video yang bersumber dari sinyal analog atau gelombang radio FM dan AM.

TV tabung yang merupakan bagian dari jenis TV analog tetap bisa buat nonton siaran TV digital asal dipasangkan dengan Set Top Box. Lantas, bagaimana cara mengubah TV tabung ke digital? Begini penjelasannya.

Cara mengubah TV tabung jadi TV digital

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengubah TV tabung jadi TV digital adalah menyiapkan perangkat tambahan Set Top Box. Perangkat ini bisa dibeli di marketplace seperti Shopee atau Tokopedia.

Sebelum membeli, pastikan Digital TV Box telah didukung dengan fitur DVB-T2 yang sesuai dengan standar penyiaran konten dengan sinyal digital di Indonesia. Daftar STB yang sesuai standar bisa dicek di website ini https://siarandigital.kominfo.go.id.

Baca juga: Mengapa TV Analog Perlu STB atau Digital TV Box untuk Nonton Siaran TV Digital?

Setelah memiliki STB, masyarakat kini bisa memasangkannya dengan TV tabung. Secara umum, terdapat dua proses untuk mengubah TV tabung jadi TV digital. Pertama, menyambungkan antena, STB, dan TV tabung.

Kedua, memulai pencarian sinyal siaran TV digital di TV tabung yang telah terpasang dengan STB dan antena. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan cara mengubah TV tabung jadi TV digital.

Menghubungkan antena, STB, dan TV tabung

  • Siapkan STB dan TV tabung
  • Pastikan STB tersebut berjenis DVB-T2 yang mendukung sambungan antena pada TV tabung
  • Pastikan TV tabung telah dalam posisi power off atau daya mati
  • Cabut kabel antena yang telah terpasang di TV tabung sebelumnya
  • Sambungkan kabel antena ke port bernama “ANT IN” yang biasanya tersedia di bagian punggung STB
  • Sambungkan kabel RCA atau kabel AV (kabel warna merah, kuning, dan putih) dari port di STB ke TV analog

Mencari sinyal siaran TV digital di TV tabung

  • Setelah ketiga perangkat tersambung semua, mulai hubungkan STB dengan daya.
  • Kemudian, nyalakan STB dan TV tabung.
  • Masuk ke menu pengaturan TV tabung, pilih mode output tampilan AV dan bakal muncul menu pengaturan STB.
  • Setelah menu pengaturan STB muncul, pilih opsi pencarian saluran. Di opsi ini, pada beberapa STB, terkadang terdapat pengaturan kode pos. Bila pengaturan itu tersedia, silakan isi kode pos sesuai wilayah domisili.
  • Kemudian, silakan tekan opsi "Pencarian Otomatis". STB akan secara otomatis mencari sinyal siaran TV digital yang tersedia di sekitar wilayah domisili.
  • Saat proses pemindaian selesai, siaran TV digital dari berbagai channel bakal segera bisa dinikmati di TV tabung.

Cukup mudah bukan untuk mengubah TV tabung jadi TV digital dengan menggunakan STB? Seandainya STB telah terpasang di TV tabung tapi sinyal siaran TV digital tidak muncul, silakan baca lebih lanjut penyebab dan cara mengatasinya di tautan ini.

Demikianlah penjelasan seputar cara mengubah TV tabung jadi TV digital dengan menggunakan Digital TV Box. Sebagai informasi tambahan, STB tidak hanya dapat dipasangkan ke TV tabung, melainkan juga TV analog jenis lainnya.

Baca juga: TV Digital Tidak Ada Sinyal Siaran? Begini 4 Cara Mengatasinya

Setiap jenis TV, seperti TV LED atau Smart TV, yang belum dibekali fitur DVB-T2 bisa disebut juga dengan TV analog. Jenis TV analog tersebut bisa menggunakan STB bila hendak dipakai untuk menonton siaran TV digital.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com