Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Tips Memotret Gerhana Bulan Total 8 November Pakai Smartphone

Kompas.com - 08/11/2022, 15:03 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Fenomena Gerhana Bulan Total akan terjadi malam ini, Selasa (8/11/2022).
Menurut informasi yang dibagikan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), hampir seluruh wilayah di Indonesia bisa menyaksikan Gerhana Bulan Total malam ini.

Adapun durasi penuh Gerhana Bulan Total akan terjadi selama 1 jam, 24 menit, 58 detik, dengan durasi umbral (sebagian+total) selama 3 jam, 39 menit, 50 detik. Puncak Gerhana Bulan Total bisa disaksikan pada pukul 18.00 WIB/19.00 WITA/20.00 WIT.

Gerhana Bulan Total bisa disaksikan secara langsung apabila cuaca cerah dan langit tampak jelas serta tidak tertutup awan. Bila cuaca cerah, Gerhana Bulan Total juga bisa diabadikan dengan kamera smartphone.

Smartphone baru keluaran beberapa tahun terakhir umumnya sudah dibekali spesifikasi kamera yang mumpuni, seperti fitur Night Mode atau telefoto untuk membidik objek jarak jauh.

Baca juga: Cara Menonton Live Streaming Gerhana Bulan Terlama Abad Ini

Bahkan, beberapa model smartphone flagship sudah dibekali mode memotret objek astronomi di langit malam alias astrophotography. Salah satunya adalah Samsung Galaxy S22 series.

Pada Oktober lalu, Samsung meng-update fitur Expert RAW di kamera Galaxy S22 series. Dengan Expert RAW versi baru, pengguna bisa memanfaat kan fitur Astrophoto untuk menangkap aktivitas langit malam, konstelasi, dan bintang-bintang lebih jelas dan bersih.

Baca juga: Update Kamera Samsung Galaxy S22 Bikin Lebih Mudah Memotret Galaksi dan Bintang

Selain Samsung Galaxy S22, smartphone flagship lain, baik berbasis Android maupun iOS yang mendukung fotografi malam atau astrography juga bisa dimanfaatkan untuk mengabadikan Gerhana Bulan Total.

Berikut tips memotret Gerhana Bulan Total 8 November menggunakan smartphone.

1. Catat jadwal gerhana bulan

Sebelum memotret, ketahui lebih dulu jadwal Gerhana Bulan Total di masing-masing wilayah. Setelah itu, buatlah perencanaan, termasuk alat apa saja yang perlu disiapkan. Pilih juga titik lokasi yang tepat untuk memotret Gerhana Bulan Total menggunakan smartphone.

Disarankan untuk memilih titik pengambilan gambar yang minim penghalang dan lapang agar pemandangan langit bisa lebih terlihat. Biasanya, area ini ada di daerah yang tinggi. Namun, bisa juga memilih titik di atap (rooftop) gedung tinggi.

Anda juga bisa memanfaatkan benda yang bisa memantulkan gambar bulan, seperti cermin atau permukaan air. Sebisa mungkin, lakukan persiapan lebih awal agar hasilnya bisa maksimal.

Baca juga: Begini Kerusakan Kamera akibat Memotret Gerhana Matahari

2. Cek wilayah

Selain mengetahui jadwal dan durasi Gerhana Bulan Total, perlu juga mengecek apakah wilayah Anda bisa menyaksikan Gerhana Bulan Tota atau tidak. Menurut jadwal yang dibagikan LAPAN, tahap Gerhana Bulan Total yang bisa disaksikan per wilayah berbeda-beda karena perbedaan zona waktu.

Untuk melihat jadwal dan wilayah yang bisa memantau Gerhana Bulan Total, bisa menyimak gambar berikut.

Jadwal Gerhana Bulan Total 8 November 2022 serta wilayah yang bisa melihatnya.LAPAN Jadwal Gerhana Bulan Total 8 November 2022 serta wilayah yang bisa melihatnya.

3. Atur tingkat exposure kamera

Saat membuka aplikasi kamera di smartphone, umumnya akan menyajikan mode foto otomatis. Namun, ketika ingin memotret Gerhana Bulan Total, Anda wajib mengatur exposure atau tingkat kecerahan yang bisa ditangkap kamera secara manual.

Caranya, kunci objek dengan menahan jari pada gambar bulan di layar. Tunggu hingga muncul slider (garis) exposure di bawah kotak penanda fokus. Kemudian, geser slider untuk meningkatkan atau mengurangi kecerahan sesuai kebutuhan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com