Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MediaTek Dimensity 9200 Meluncur, Chipset Hemat Daya dengan Dukungan WiFi 7

Kompas.com - 09/11/2022, 11:00 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Fonearena

KOMPAS.com - MediaTek resmi meluncurkan chipset flagship terbarunya, Dimensity 9200System-on-Chip (SoC) ini merupakan suksesor dari Dimensity 9000 yang diluncurkan tahun lalu.

Dimensity 9200 dirancang menggunakan teknologi fabrikasi 4 nanometer (nm) generasi kedua dari TSMC. Perusahaan mengeklaim bahwa Dimensity 9200 adalah chipset pertama yang mendukung WiFi 7. WiFi 7 sendiri disebut memiliki kecepatan transfer data mencapai 6,5 Gbps

MediaTek juga mengatakan Dimensity 9200 memiliki manajemen panas yang lebih baik dan memiliki konsumsi daya atau performance per watt 25 persen lebih hemat dari generasi sebelumnya.

Selain itu, Dimensity 9200 juga menjadi chipset pertama dari MediaTek yang dibekali dengan satu buah inti (core) prosesor (CPU) berperforma tinggi ARM Cortex-X3 (3,05 GHz), serta tiga prosesor performa Cortex-A715 berkecepatan 2,85 GHz.

Prosesor yang ada di chipset ini total ada delapan buah (octa-core). Adapun empat prosesor lainnya adalah Cortex-A510 dengan kecepatan clock 1,8 GHz.

Baca juga: Riset Counterpoint: MediaTek Masih Ungguli Qualcomm di Pasar Chip Global

Komponen CPU ini dipadukan dengan unit pengolah grafis (GPU) Immortalis-G715 yang diklaim memiliki 32 persen peningkatan performa dibanding GPU di chipset flagship MediaTek generasi sebelumnya.

Berkat peningkatan CPU dan GPU ini, MediaTek mengeklaim bahwa Dimensity 9200 mampu menghasilkan skor benchmark AnTuTu mencapai 1,26 juta poin.

Sebelumnya, chipset Dimensity 9000 hanya mampu menciptakan skor benchmark sekitar 1 juta poin.

Spesifikasi Mediatek Dimensity 9200

Spesifikasi Mediatek Dimensity 9200.Mediatek Spesifikasi Mediatek Dimensity 9200.
Chipset Dimensity 9200 mendukung penggunaan RAM LPDDR5X dengan kecepatan 8.533 Mbps, serta media penyimpanan (storage) berjenis UFS 4.0 yang mengadopsi teknologi Multi-Curcular Queue (MCQ).

Teknologi ini memungkinkan CPU mengakses data langsung ke komponen storage, sehingga bisa meningkatkan kecepatan transmisi data ketika melakukan multitasking.

Untuk aspek kamera, Dimensity 9200 memiliki sensor gambar Imagiq 890 yang mendukung fitur RGBW sensor untuk pertama kalinya.

Dengan sensor RGBW, MediaTek mengeklaim dengan chipset ini, sensor kamera dapat menangkap 30 persen lebih banyak cahaya, dan penggunaan kamera diklaim akan 34 persen lebih hemat daya dari generasi sebelumnya.

Fitur lainnya mencakup dukungan layar hingga 5K dengan refresh rate hingga 240 Hz, serta AI Processing Unit (APU) 690 yang disebut memiliki peningkatan pemrosesan kecerdasan buatan hingga 35 persen, namun tetap hemat daya hingga 30-45 persen.

Baca juga: Mediatek Resmi Luncurkan Chipset Dimensity 9000 Plus

Ada pula dukungan WiFi 7 yang diklaim memiliki kecepatan transfer data mencapai 6,5 Gbps, serta chip modem 5G generasi terbaru yang disebut lebih mumpuni dari generasi sebelumnya.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Fonearena, Rabu (9/11/2022), chipset Dimensity 9200 bakal tersedia pada akhir 2022 mendatang.

Vivo mengonfirmasi bahwa mereka bakal menjadi salah satu vendor yang bakal meluncurkan smartphone pertama dengan chipset flagship terbaru Mediatek tersebut, boleh jadi untuk salah satu model dari Vivo X90 Series.

Beberapa vendor lainnya macam Oppo, Xiaomi, Honor, Transsion, hingga Asus jugan kabarnya memiliki rencana untuk meluncurkan ponsel flagship dengan SoC Mediatek tersebut, mungkin pada 2023 mendatang. Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Fonearena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com