Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Realme 10 4G Resmi di Indonesia, Ponsel Android Harga Rp 2 Jutaan

Kompas.com - 09/11/2022, 15:15 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Realme resmi meluncurkan smartphone anyar Realme 10 di Indonesia, hari ini, Rabu (9/11/2022).

Realme mengeklaim Realme 10 sebagai smartphone yang tangguh karena ditopang dengan chipset gaming. Selain dari aspek chipset, Realme 10 juga didukung dengan refresh rate 90 Hz untuk menunjang navigasi ponsel terasa mulus termasuk saat bermain game.

Fitur unggulan lainnya yang ditawarkan ponsel ini antara lain kamera utama 50 MP hingga baterai besar dengan dukungan fast charging 33 watt.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Realme C33 di Indonesia

Realme 10 merupakan suksesor dari Realme 9 yang dirilis di Indonesia pada April lalu. Menariknya Realme 10 dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau dibanding Realme 9.

Akan tetapi, beberapa spesifikasinya tampak turun, misalnya pada aspek resolusi kamera karena Realme 9 dibekali kamera 108 MP.

Realme 10Realme Realme 10

Spesifikasi Realme 10

Realme 10 ditenagai oleh chipset MediaTek Helio G99 guna menunjang aktivitas bermain game mobile. Chip ini diklaim menawarkan peningkatan performa hingga 40 persen dibanding pendahulunya.

Chip yang dirancang dengan arsitektur 6 nm ini dibekali CPU dengan kecepatan hingga 2,2 GHz dan GPU ARM G57 MC2. Pada Realme 10, Helio G99 dipadukan dengan dua opsi RAM dan penyimpanan, yaitu 4/128 GB dan 8/128 GB.

RAM-nya sendiri dapat diperluas sementara dengan meminjam kapasitas penyimpanan internal hingga 8 GB. Dengan demikian, total RAM yang bisa didapatkan pengguna Realme 10 (8/128 GB) adalah 16 GB.

Selain itu, penyimpanannya juga bisa diperluas memakai kartu microSD dengan dukungan kapasitas sampai 1 TB.

Baca juga: Daftar Harga HP Realme Terbaru Oktober 2022

Guna menunjang daya tahannya, Realme 10 dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh disertai dukungan fast charging 33 watt. Dengan dukungan ini, Realme 10 bisa diisi dayanya dari 0 sampai 50 persen hanya dalam 28 menit.

Beralih ke aspek tampilannya, Realme 10 tampil dengan layar berlubang (punch hole) di sudut kiri atas. Secara teknis layarnya berpanel Super AMOLED 6,4 inci yang menawarkan resolusi Full HD Plus (2400 x 1080). Selain itu, layar Realme 10 juga didukung refresh rate 90 Hz dan dilapisi pelindung layar Corning Gorilla Glass 5.

Punggung ponsel dihias dengan penampang berkelir gradasi yang menampiilkan efek kilau. Ada pula modul kamera yang disusun secara vertikal, sejajar dengan penamaan merek Realme.

Pada aspek kameranya, Realme 10 didukung kamera ganda, terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8) dan kamera Black&White 2 MP (f/2.4).

Sejumlah fitur juga disematkan Realme pada ponsel ini untuk menunjang aktivitas foto maupun video di antaranya 50MP Mode, Ultra Steady Video, Ultra Steady Max Video, Night Mode, Panoramic view, Expert, Timelapse, Portrait Mode, HDR, AI Scene Recognition, AI Beauty, Filter, Chroma Boost, Slow Motion hingga Bokeh Effect Control.

Adapun kamera depan yang tersemat pada lubang layar ponsel, memiliki reolusi 16 MP (f/2.45).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com