Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Mau Menunggu Apple, Orang Ini Bikin iPhone Lipat Sendiri

Kompas.com - 10/11/2022, 08:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ponsel lipat merupakan tren yang berkembang di pasar smartphone saat ini. Sejumlah vendor ponsel Android  sudah mengadopsi konsep lipat dan mencoba peruntungan dengan menjual perangkat tersebut.

Sebut saja Xiaomi, Oppo, Vivo hingga Huawei yang turut mengembangkan smartphone lipat sebagaimana Samsung.

Lain dengan beberapa vendor ponsel di atas, Apple hingga kini belum juga mengadopsi smartphone lipat meskipun sejumlah rumor menyebutkan bahwa Apple memiliki rencana untuk mengembangkan perangkat tersebut.

Baca juga: iPhone Layar Lipat Mendekati Kenyataan?

Tanpa menunggu ponsel lipat dari Apple, seorang fanboy Apple asal China justru memodifikasi iPhone menjadi ponsel lipat.

Setelah memiliki form factor lipat, tampilannya jadi seperti Motorola Razr atau Samsung Galaxy Z Flip. Lantas bagaimana caranya?

Secara teknis penggemar Apple sekaligus youtuber itu mempreteli iPhone miliknya dan mempelajari bagaimana daya tahan layar iPhone, apakah memungkinkan bila dimodifikasi menjadi ponsel lipat.

Setelah berulang kali melakukan percobaan ia kemudian memasang engsel dari Motorola Razr agar bodi iPhone jadi fleksibel.

Setelah menemukan "ramuan" yang tepat, youtuber itu menata kembali sejumlah komponen iPhone dan memasangnya dengan cara dimodifikasi. Komponen baterai misalnya dimodifikasi menjadi hanya berkapasitas 1.000 mAh.

Selain itu, satu speaker juga dilepas dan beberapa komponen seperti komponen untuk MagSafe dipangkas.

Baca juga: Ponsel Lipat Nokia 2780 Meluncur, Harganya 1 Jutaan

Hal itu dilakukan untuk menghemat ruang dan agar ketika perangkat dilipat, komponen iPhone tetap berjalan normal tanpa kendala.

Setelah melakukan percobaan dan gagal hingga ratusan kali, pada akhirnya youtuber itu sukses membuat membuat iPhone lipat bergaya Motorola Razr. Ponsel hasil modifikasinya ini disebut sebagai iPhone V.

iPhone V, iPhone yang dimodifikasi jadi iPhone lipat???? iPhone V, iPhone yang dimodifikasi jadi iPhone lipat

Ketika dijajal, layarnya juga bisa merespons sentuhan dengan cukup baik. Youtuber itu bahkan memasang program khusus agar iPhone lipatnya bisa tampil dengan antarmuka lipat.

Kendati terbilang berhasil, belum diketahui seberapa lama layar iPhone lipat itu mampu bertahan. Sebab, layar iPhone bukan didesain untuk ponsel lipat.

Bukan iPhone, Apple siapkan tablet lipat

Sejauh ini bocoran iPhone lipat belum lagi muncul ke publik. Alih-alih iPhone, bocoran baru menyebutkan bahwa Apple akan menghadirkan iPad lipat pada tahun 2024.

Kabar ini berasal dari The Elec yang mendengar bocoran dari seorang sumber di Samsung Mobile. Disebutkan bahwa pihak Samsung Mobile melakukan pertemuan dengan pemasok pada Oktober lalu untuk membahas pasar smartphone.

Baca juga: Samsung: Indonesia Sudah Jadi Pasar Ponsel Lipat yang Menjanjikan

Dalam pertemuan itu, perwakilan Samsung menduga bahwa Apple akan mengumumkan perangkat lipatnya dua tahun lagi. Akan tetapi, perangkat yang dimaksud adalah tablet atau laptop, bukan ponsel.

Dugaan ini juga diperkuat oleh laporan dari firma riset CCS Insight. Firma riset itu menyebutkan bahwa meluncurkan iPhone lipat sangat berisiko bagi Apple untuk saat ini, sehingga lebih ideal bila Apple bereksperimen dengan iPad lipat.

Meski belum terbukti, analis CCS Insight menduga bahwa perangkat lipat Apple nantinya akan dijual seharga 2.500 dollar AS (Rp 39,2 juta), dihimpun KompasTekno dari 9to5Mac, Kamis (10/11/2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com