Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinyal Smartfren Dikeluhkan Hilang dan Tidak Ada Layanan, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 11/11/2022, 10:22 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jaringan Smartfren dikeluhkan mengalami gangguan pada hari ini, Jumat (11/11/2022).

Pantauan KompasTekno, para pelanggan Smartfren mengeluhkan sinyal Smartfren hilang, Smartfren tidak ada layanan, jaringan Smartfren hilang di iPhone, dan hal serupa lainnya.

Mereka juga mengeluhkan masalah sinyal Smartfren hilang atau tidak ada layanan melalui  media sosial Twitter.

Keluhan-keluhan sinyal Smartfren hilang mereka sampaikan sembari me-mention akun Twitter resmi layanan pelanggan @smartfrencare dan akun @smartfrenworld. Mereka juga membalas twit sejumlah pengguna yang memiliki nasib yang sama.

Berdasarkan sejumlah laporan di jejaring sosial berlogo "burung" itu, gangguan ini melibatkan sinyal Smartfren hilang, sehingga mereka tidak bisa melakukan panggilan telepon dan menggunakan layanan internet Smartfren.

Baca juga: Ramai iPhone Dijual dengan Kondisi “IMEI Kemenperin” dan “Smartfren Only”, Apa Maksudnya?

Beberapa dari mereka mengaku perangkat yang dipasangi kartu SIM Smartfren menunjukkan tidak ada layanan alias "no service" sejak Kamis (10/11/2022) siang kemarin.

Ada pula sejumlah pelanggan yang tidak mendapatkan sinyal sejak Kamis sore dan malam kemarin. 

Akun Twitter Putri Marsella mengaku kebingungan apakah semua iPhone atau iPhone XR miliknya saja yang gangguan. "Ini hp gw aja apa semua iphone XR kek gini sih? dari sore tidak ada layanan mulu udh coba pake smartfren ttp aja anjir lah," tulis pemilik akun dengan handle @mpuuut27 itu.

Selain perangkat dengan kartu SIM, tak sedikit pengguna iPhone di Twitter yang mengaku bahwa eSIM Smartfren mereka error dan tidak berfungsi, lantaran tidak ada layanan alias tidak ada sinyal.

Seperti yang dicuitkan Erka, pemilik akun @minusxenaa.

"Esim smartfren kok no service yah ? Ni pemakaian bulan ke-2, baru jg beli paket. Liat tweet yang lain beda kota juga sama," tulisnya.

Untuk bukti tambahan, beberapa pelanggan Smartfren pun menyertakan tangkapan layar yang memperlihatkan ikon bar sinyal di ponsel mereka menunjukkan tanda silang (X). Ini mengindikasikan bahwa jaringan Smartfren "no signal" alias tidak ada sinyal.

Ada pemeliharaan jaringan

Jika mengacu pada akun media sosial resmi @smartfrenworld di Twitter, gangguan ini mungkin disebabkan oleh pemeliharaan jaringan oleh pihak Smartfren.

"Hai teman Smartfren, demi memberikan layanan terbaik, akan dilakukan pemeliharaan sistem pada 9 Nov 2022 jam 20.00 WIB - 10 Nov 2022 jam 06.00 WIB," tulis Smartfren.

Seharusnya, perbaikan tersebut sudah selesai. Setidaknya begitu menurut VP Network Operation Smartfren, Agus Rohmat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com