Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TEKNO] Elon Musk Pakai Batik di B20, Produk Apple yang Pensiun hingga Fitur Baru WhatsApp Group

Kompas.com - Diperbarui 15/11/2022, 07:33 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Di awal pekan, berita soal Elon Musk yang hadir dalam acara The Business Twenty (B20) Summit di Bali secara virtual, menarik perhatian pembaca KompasTekno. Sebab, Elon Musk menjadi salah satu pembacara yang cukup dinantikan di forum bisnis dunia itu.

Selain berita soal Elon Musk di B20, kabar soal perusahaannya yang baru, Twitter, juga masih menyita perhatian. Pasalnya, badai pemutusan hubungan kerja (PHK) di Twitter belum berhenti.

Selain dua berita tersebut, ada berita lain seputar teknologi terpopuler sepanjang Senin (14/11/2022) yang sayang untuk dilewatkan. Berikut rangkumannya.

Baca juga: [POPULER TEKNO] Bencana dan Rencana Twitter di Bawah Elon Musk hingga Menanti Ponsel Flagship Anyar Xiaomi

Elon Musk pakai batik di B20

Elon Musk akhirnya memenuhi undangan untuk menjadi salah satu pembicara di acara B20 yang berlangsung 13-14 November di Bali. Musk seharusnya dijadwalkan hadir secara fisik, namun pada akhirnya dia ikut serta secara virtual.

Menariknya, Musk mengenakan kemeja batik saat menjadi pembicara di B20. Bukan cuma itu, Musk juga "gelap-gelapan" saat melakukan video telekonferensi lantaran listrik di kediamannya sedang padam.

Seperti apa momen Elon Musk saat menjadi pembicara B20 di tengah mati listrik? Batik corak apa yang dikenakan dan apa saja yang dibahas? Lalu, mengapa dia batal bertandang ke Bali? Selengkapnya bisa disimak di artikel berikut.

Baca juga:

Badai PHK Twitter belum usai

Tidak cuma Elon Musk yang menarik perhatian pembaca KompasTekno. Berita tentang perusahaan barunya, Twitter juga masih hangat dibicarakan.

Twitter dikabarkan kembali melakukan PHK terhadap 4.400 karyawan kontrak, setelah memecat 3.700 karyawan di awal bulan lalu. Sumber internal Twiter mengatakan bahwa PHK ini dilakukan perusahaan tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Hal itu sama seperti yang dilakukan manajemen Twitter pada gelombang PHK pertama awal November lalu, di mana karyawan tidak diinformasikan lebih dulu. Lantas, apa alasan Twitter kembali melakukan PHK terhadap karyawan kontrak? Jawaban manajemen Twitter bisa disimak di artikel "Badai PHK Twitter Berlanjut, 4.400 Karyawan Kontrak Dipecat".

Fitur baru WhatsApp, bisukan grup WA otomatis

Pernahkah Anda kesal dengan bunyi notifikasi grup WhatsApp (WA) yang tiada henti? WhatsApp akhirnya punya solusi untuk masalah tersebut.

Platform pesan instan itu mulai menggulirkan fitur baru untuk membisukan (mute) grup WA berskala besar secara otomatis. Grup WA berskala besar yang dimaksud adalah yang memilliki minimal 256 partisipan.

Fitur baru WhatsApp ini berbeda dengan opsi "mute" yang sudah ada selama ini, di mana pengguna harus membisukan grup secara manual. Lantas, apakah fitur baru WhatsApp untuk membisukan grup secara otomatis juga berlaku untuk grup kecil? Penjelasannya bisa disimak di artikel "Fitur Baru WhatsApp Bisa Bisukan Grup Besar secara Otomatis".

Dana nasabah FTX bernilai Rp 15 triliun raib

Dana investasi nasabah di bursa mata uang kripto (cryptocurrency) populer FTX senilai 1 miliar dolar AS (sekitar Rp 15,4 triliun) dilaporkan raib.

Menurut laporan Reuters, uang triliunan rupiah tersebut raib usai FTX "diam-diam" memindahkan 10 miliar dolar AS (sekitar Rp 154,7 triliun) dana nasabah ke perusahaan trading Alamada Research, perusahaan trading yang juga dimiliki bos FTX, yaitu Sam Bankman-Fried.

Dalam sebuah pernyataan, Bankman-Fried mengonfirmasi bahwa pemindahan dana nasabah senilai 10 miliar dolar AS tadi tidak dilakukan secara rahasia. Sebab, seluruh bukti transfer dana nasabah ke Alamada Research tersebut dikuak dalam sebuah pertemuan yang digelar Bankman-Fried belum lama ini.

Apa yang dibicarakan dalam pertemuan tersebut dan ke mana uang belasan triliun itu pergi?
Penjelasan lengkap bisa dibaca di artikel "Dana Nasabah Platform Kripto FTX Senilai Rp 15 Triliun Raib".

5 Produk Apple yang pensiun tahun ini

Tahun ini, Apple sudah merilis banyak produk dari berbagai jenis. Mulai dari iPhone 14, Mac Studio hingga Apple Watch Ultra.

Karena dijejali produk baru, Apple memutuskan untuk memensiunkan beberapa produk lamanya. Beberapa produk Apple yang tamat riwayatnya adalah iMac 27 inci dan Apple Watch Edition yang dirilis pada tahun 2015.

Selain dua produk itu, beberapa perangkat Apple lain juga tamat riwayatnya tahun ini. Apa saja? Simak ulasannya di artikel "5 Produk Apple yang Tamat Riwayatnya Tahun Ini".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com