Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amazon Bakal PHK 10.000 Karyawan, Terbanyak Sepanjang Sejarah

Kompas.com - 15/11/2022, 07:54 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Belum lama ini, beberapa perusahaan teknologi, seperti Twitter hingga Meta mulai melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) alias layoff terhadap ribuan karyawannya. Kini, giliran marketplace online Amazon yang disebut bakal berlaku sama.

Setidaknya begitu berdasarkan laporan terbaru dari situs berita TheNewYorkTImes yang mengutip beberapa sumber industri.

Dalam laporan itu, disebutkan bahwa Amazon mem-PHK sekitar 10.000 karyawannya, terbesar sepanjang sejarah perusahaan yang dirintis oleh Jeff Bezos tersebut.

Konon, angka ini merepresentasikan sekitar 3 persen karyawan korporat Amazon, atau sekitar 1 persen dari total karyawan Amazon secara global, termasuk pekerja sampingan, yang berkisar di angka 1,5 juta karyawan.

Menurut laporan TheNewYorkTimes, layoff yang dilakukan Amazon ini diklaim bakal berpusat di divisi yang mengurus perangkat (device) Amazon macam Alexa, hingga divisi ritel dan human resource department (HRD).

Adapun PHK massal ini, lanjut TheNewYorkTimes, dilakukan lantaran Amazon mencatat penurunan pertumbuhan bisnis dalam beberapa waktu terakhir, bahkan bisa dibilang terendah dalam dua dekade Amazon.

Baca juga: Elon Musk Pecat 4 Petinggi Twitter, Salah Satu Digiring Keluar Gedung

Hal ini konon disebabkan oleh investasi berlebihan yang dilakukan Amazon pada awal pandemi, serta perubahan minat masyarakat terhadap belanja online yang turut mengurangi bisnis penjualan dan pengiriman Amazon.

Kabarnya, informasi PHK massal ini bakal disampaikan Amazon sekitar minggu ini secara publik. Adapun proses layoff dikabarkan akan dilakukan secara bertahap, dan angka 10.000 karyawan tadi bisa saja berubah-ubah seiring berjalannya waktu.

Amazon sendiri belum mengonfirmasi rumor terkait PHK karyawan ini. Namun, CEO Amazon Andy Jassy sebelumnya sempat mengatakan bahwa pihaknya bakal menekan biaya-biaya operasional dalam bisnis perangkat Amazon.

"Kami tentu saja melihat perkembangan ekonomi makro saat ini, dan sebagai langkah kami untuk mempertahankan bisnis (perangkat) Amazon tahun ini, kami bakal mempertimbangkan peluang untuk mengoptimalkan biaya divisi tersebut," ungkap Andy, dikutip KompasTekno dari TheVerge, Selasa (15/11/2022).

Baca juga: 9 Perusahaan Teknologi Dunia yang PHK Besar-besaran Tahun 2022

Badai PHK karyawan

Ilustrasi Meta Platforms Inc.The Verge/ Alex Castro Ilustrasi Meta Platforms Inc.

Seperti disebutkan di atas, kabar PHK salah satu perusahaan e-commerce terbesar di dunia ini mencuat setelah Twitter dan Meta melakukan layoff pada ribuan karyawannya.

Twitter konon telah mem-PHK sekitar 3.700 karyawan atau sekitar 50 persen dari seluruh karyawannya, kemudian Meta bakal mem-PHK 11.000 karyawan atau sekitar 13 persen dari total karyawan global.

Selain Twitter dan Meta, beberapa perusahaan teknologi lainnya juga disebut bakal melakukan layoff massal. Di antaranya seperti Lyft, Microsoft, Netflix, Shopify, Coinbase, Snap, Tesla, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Zuckerberg Pecat 11.000 Karyawan Setelah Hamburkan Rp 232 Triliun untuk Metaverse

Kabarnya, layoff ini dilakukan karena pendapatan bisnis digital, terutama iklan yang belakangan lesu dan anjlok.

Hal ini konon dipicu oleh para pengiklan yang berhemat di tengah kondisi ekonomi makro global yang tengah dilanda masalah, serta kebijakan Apple untuk memperketat para pengiklan supaya tidak melacak aktivitas pengguna.

Biasanya, iklan akan bisa dilihat dengan mudah oleh target pasar apabila sesuai dengan aktivitas atau minat pengguna. Namun dengan kebijakan terbaru Apple, pengiklan tampaknya kesulitan menampilkan iklan sesuai dengan audiensnya.

Baca juga: Kesalahan Besar Mark Zuckerberg yang Berujung PHK Massal

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com