Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Hasil Foto Samsung Galaxy S23 Ultra Beredar, Diadu dengan Pixel 7 Pro

Kompas.com - 16/11/2022, 15:24 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung akan segera merilis smartphone flagship Galaxy S23 series tahun depan. Smartphone ini belum dirilis resmi oleh perusahaan, tetapi bocoran spesifikasi Galaxy S23, bahkan hasil fotonya sudah beredar di internet.

Salah satunya adalah bocoran yang diungkap pembocor gadget (tipster) Ice Universe melalui situs Weibo. Tipster asal China ini membagikan gambar yang diklaim merupakan hasil foto Galaxy S23 Ultra. Penamaan "Ultra" sendiri biasanya digunakan Samsung untuk model tertinggi Galaxy S series.

Foto itu menampilkan potret buah labu berwarna oranye dengan background tembok abu-abu. Ice Universe juga membandingkan hasil foto bidikan Galaxy S23 Ultra dengan hasil foto ponsel lainnya yaitu Galaxy S22 Ultra dan Pixel 7 Pro menggunakan angle foto yang sama.

Perlu dicatat bahwa foto ini dipotong dari foto utuhnya untuk memberikan detail objek yang lebih jelas.

Bila dibandingkan, detail foto labu yang diambil oleh Samsung Galaxy S23 Ultra tampak lebih tajam. Tekstur buah labu terlihat begitu jelas dibanding foto lainnya. Misalnya tekstur kulitnya yang terlihat bergaris dan detail lainnya.

Baca juga: Strategi Baru Samsung, Bikin Galaxy S23 Lebih Hemat?

Hasil foto Samsung Galaxy S23 Ultra (kiri) dibandingkan dengan Galaxy S22 Ultra (tengah) dan Pixel 7 Pro (kanan)Ice Universe Hasil foto Samsung Galaxy S23 Ultra (kiri) dibandingkan dengan Galaxy S22 Ultra (tengah) dan Pixel 7 Pro (kanan)

Sementara itu detail yang diabadikan Galaxy S22 Ultra juga cukup tajam, namun tidak seperti Galaxy S23 Ultra. Hasil foto kamera Pixel 7 Pro juga cukup tajam, meskipun detailnya tidak begitu jelas seperti duo ponsel Samsung.

Pada aspek warnanya, terlihat jelas bahwa warna yang dihasilkan Galaxy S23 Ultra begitu kontras. Foto labu tampak segar dengan warga oranye yang kontas dengan latar belakang foto. Begitu pula dengan warna potongan labu di pojok kiri bawah foto yang jelas disertai bayangannya.

Bila dibandingkan dengan hasil foto Galaxy S22 Ultra dan Pixel 7 Pro, warna yang dihasilkan Galaxy S23 Ultra tampak lebih kontras dibanding lainnya. Pasalnya, warna labu pada foto hasil bidikan Galaxy S22 Ultra sedikit lebih pucat dibanding Galaxy S23 Ultra.

Begitu pula dengan warna yang dihasilkan oleh Pixel 7 Pro yang menunjukkan warna labu oranye pudar sehingga terkesan pucat dibanding foto labu bidikan ponsel Samsung.

Setiap vendor ponsel biasanya memiliki mekanisme pemrosesan gambar yang berbeda-beda, sehingga hasilnya akan tampak berbeda bila dibandingkan. Hal inilah yang berpotensi membuat warna foto yang dihasilkan ponsel duo Samsung berbeda dengan Pixel 7 Pro, sementara warna foto Galaxy S22 Ultra dan Galaxy S23 Ultra cukup identik.

Baca juga: Samsung Galaxy S23 Meluncur Februari, Hanya Pakai Chipset Snapdragon?

Pakai kamera 200 MP

Samsung Galaxy S23 Ultra kabarnya bakal dibekali dengan sensor kamera 200 MP dan menawarkan tiga mode pemotretan, di antaranya 12 MP (default), 50 MP, dan 200 MP.

Ketika digunakan untuk memotret objek, masing-masing sensor menghasilkan resolusi foto 4.000 x 3.000 piksel, 8.160 x 6.120 dan 16.320 x 12.240, menurut Ice Universe.

Sensor 200 MP pada Galaxy S23 Ultra kabarnya memiliki ukuran yang sama dengan sensor 108 MP pada Galaxy S22 Ultra, yaitu 1/1.3 inci. Namun sensor pada Galaxy S23 Ultra dibekali dengan aperture (bukaan lensa) yang lebih besar yaitu f/1.7 dibanding f/1.8 pada Galaxy S22 Ultra.

Secara teori, bukaan yang lebih besar tersebut memungkinkan kamera mampu mengakomodasi lebih banyak cahaya sehingga menghasilkan foto yang terang meskipun dalam kondisi minim cahaya.

Baca juga: Bocoran Hasil Foto Samsung Galaxy S23 Ultra Beredar, Sebagus Apa Hasilnya?

Ice Universe juga memuji performa kamera Galaxy S23 Ultra ketika digunakan untuk memotret foto minim cahaya. Sayangnya tipster itu belum membagikan hasil foto mode low light ke publik.

Galaxy S23 Ultra diperkirakan meluncur sekitar Februari tahun depan sebagaimana pendahulunya, dilansir dari GSM Arena, Rabu (16/11/2022). Mengingat waktunya masih cukup panjang, masih ada kemungkinan bagi Samsung untuk mengotak-atik kamera Galaxy S23 Ultra.

Dengan demikian, foto yang dibagikan Ice Universe mungkin tidak mewakili hasil akhir kamera Galaxy S23 Ultra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com