Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Link Pengumuman Hasil Tes Wawancara PPG Prajabatan 2022 Gelombang 2 dan Jadwal Berikutnya

Kompas.com - 21/11/2022, 10:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Rangkaian proses seleksi program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan tahun 2022 (PPG Prajabatan 2022) gelombang 2, hampir selesai. Proses pendaftarannya sendiri telah berlangsung dari akhir Agustus hingga akhir September lalu.

Selanjutnya, peserta yang telah daftar PPG Prajabatan gelombang 2 bakal mengikuti tiga tahap seleksi.Untuk tahap seleksi yang pertama, yakni seleksi administrasi, hasilnya telah diumumkan pada awal Oktober lalu.

Baca juga: Cara Beli E-Meterai lewat Website Peruri dan Menggunakannya di Dokumen Elektronik

Setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi, peserta seleksi PPG Prajabatan gelombang 2 diwajibkan untuk mengikuti tes substantif. Hasil dari tes substantif juga telah diumumkan pada awal November ini.

Bila dinyatakan lolos seleksi substantif, peserta harus mengikuti proses seleksi yang ketiga atau terakhir, yakni tes wawancara. Untuk proses tes wawancara PPG Prajabatan gelombang 2, jadwalnya telah berlangsung dari 9-18 November 2022.

Setelah melangsungkan tes wawancara, peserta bisa melihat hasilnya pada hari ini, Senin (21/11/2021). Pengumuman hasil tes wawancara PPG Prajabatan gelombang 2 bisa dilihat pada aplikasi SIMPKB, yang dapat diakses lewat situs web “ppg.kemdikbud.go.id”.

Bila hendak melihatnya, berikut adalah cara cek hasil tes wawancara PPG Prajabatan gelombang 2 pada aplikasi SIMPKB.

Cara cek hasil tes wawancara PPG Prajabatan gelombang 2

  • Kunjungi link pengumuman hasil tes wawancara PPG Prajabatan gelombang 2 ini https://ppg.kemdikbud.go.id
  • Kemudian, klik menu “Login SIMPKB”.
  • Setelah itu, login pada aplikasi SIMPKB dengan menggunakan username dan password yang telah dibuat sebelumnya, sama seperti saat melakukan pendaftaran PPG Prajabatan 2022 gelombang 2.
  • Setelah berhasil login dan masuk ke halaman beranda, peserta bisa melihat pengumuman
  • hasil tes wawancara PPG Prajabatan gelombang 2.

Itulah cara cek hasil tes wawancara PPG Prajabatan gelombang 2. Peserta yang dinyatakan lolos tes wawancara bisa dibilang sudah hampir pasti dapat mengikuti program PPG Prajabatan gelombang 2.

Kendati demikian, namun peserta tetap harus mengikuti proses yang telah ditentukan, sesuai jadwal, sebelum akhirnya resmi ditetapkan menjadi mahasiswa PPG Prajabatan 2022 dan mengikuti perkuliahan.

Dikutip dari laman resmi PPG Prajabatan, adapun rincian jadwal PPG Prajabatan gelombang 2 setelah tes wawancara adalah sebagai berikut.

Jadwal PPG Prajabatan gelombang 2 setelah tes wawancara

  • Konfirmasi kesediaan mengikuti PPG Prajabatan gelombang 2: 24 November 2022
  • Penetapan mahasiswa PPG Prajabatan gelombang 2: 28 November 2022
  • Orientasi mahasiswa: 5 Desember 2022
  • Awal perkuliahan PPG Prajabatan gelombang 2: 12 Desember 2022

Untuk diketahui, peserta yang ditetapkan menjadi mahasiswa PPG Prajabatan gelombang 2 bakal memperoleh beasiswa biaya pendidikan sebesar Rp. 17.000.000,00 (tujuh belas juta rupiah), untuk mengikuti perkuliahan selama 2 (dua) semester atau 1 (satu) tahun.

Baca juga: Lupa Password Akun Belajar.id? Begini 2 Cara Reset atau Menggantinya

Demikianlah penjelasan seputar pengumuman hasil tes wawancara PPG Prajabatan gelombang 2 dan jadwal proses berikutnya yang wajib dijalankan oleh peserta, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com