Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 HP Samsung di Indonesia Sudah Bisa Update Android 13, Ini Daftarnya

Kompas.com - 21/11/2022, 15:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sistem operasi paling baru bikinan Google, Android 13 kini hadir di lebih banyak smartphone Samsung di Tanah Air.

Hal ini terlihat dari pembaruan antarmuka anyar khas Samsung, OneUI 5.0 berbasis Android 13 yang sudah tersedia dan bisa diinstal pada sejumlah ponsel Galaxy, baik flagship dan kelas menengah (mid-range).

Samsung Indonesia memastikan, per hari ini, Senin (21/11/2022), ada delapan perangkat Samsung Galaxy di Indonesia yang sudah bisa men-download update OneUI 5.0 berbasis Android 13.

Baca juga: Daftar Harga HP Samsung Terbaru November 2022

Berikut daftar 8 HP Samsung di Indonesia yang sudah kebagian Android 13:

  • Samsung Galaxy S22
  • Samsung Galaxy S22 Plus
  • Samsung Galaxy S22 Ultra
  • Samsung Galaxy S21
  • Samsung Galaxy S21 Plus
  • Samsung Galaxy S21 Ultra
  • Samsung Galaxy Z Fold 4
  • Samsung Galaxy A73 5G

Sebagaimana diwartakan sebelumnya, trio Samsung Galaxy S22 series menjadi lini ponsel Samsung pertama yang kebagian update OneUI 5.0 berbasis Android 13 pada 1 November lalu.

Selanjutnya, Samsung menyusul menggelontorkan update tersebut ke lima ponsel Galaxy lainnya secara bertahap sepanjang bulan November ini. Pantauan KompasTekno, ponsel mid-range Samsung Galaxy A73 5G juga baru menerima update OneUI 5.0 hari ini.

Karena sudah berbasis Android 13, nantinya, saat pemilik 8 model ponsel Galaxy di atas melakukan update OneUI 5.0, sistem operasi di ponsel Samsung juga akan otomatis ditingkatkan (upgrade) dari Android 12 ke Android 13.

Baca juga: Samsung OneUI 5.0 Mulai Disebar, Ini Jadwal dan Daftar Ponsel yang Kebagian Lebih Awal

Android 13 sendiri merupakan sistem operasi paling baru dari Google. OS penerus Android 12 ini pertama kali hadir di smartphone Google Pixel pada Agustus 2022.

Cara update Android 13 di HP Samsung

Jendela pembaruan OneUI 5.0 yang didesain berbasis Android 13 bisa di-download di ponsel Galaxy A73 5G.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Jendela pembaruan OneUI 5.0 yang didesain berbasis Android 13 bisa di-download di ponsel Galaxy A73 5G.
Bagi pemilik 8 model HP Samsung yang disebutkan di atas, tak ada salahnya untuk segera meng-update software di ponselnya agar menjalankan sistem operasi Android 13 dilapisi antarmuka OneUI 5.0 terbaru.

Untuk menginstal update OneUI 5.0 dan upgrade ke Android 13, berikut panduannya.

  • Buka menu "Settings".
  • Klik "Software update".
  • Klik "Download and install".
  • Bila sudah kebagian update OneUI 5.0 berbasis Android 13, pengguna bakal melihat jendela seperti di samping.
  • Klik "Download"
  • Lalu, klik "Install now".

Dengan begitu, ponsel pengguna bakal menjalankan sistem operasi Android 13 dilapisis antarmuka OneUI 5.0 terbaru.

Fitur baru OneUI 5.0 berbasis Android 13

Ilustrasi tampilan lockscreen ponsel Galaxy yang sudah menjalankan OneUI 5.0.XDA Developers Ilustrasi tampilan lockscreen ponsel Galaxy yang sudah menjalankan OneUI 5.0.
Dalam jendela pembaruan, pengguna disajikan rincian pembaruan yang dibawa update OneUI 5.0 berbasis Android 13.

Selain upgrade ke Android 13, OneUI 5.0 juga membawa lebih banyak personalisasi yang ditingkatkan dan dijanjikan bakal lebih memudahkan penggunaan lintas perangkat Samsung Galaxy.

Baca juga: Samsung Disebut Akan Pangkas Pengiriman Smartphone Tahun Depan

Beberapa fitur baru yang diboyong oleh One UI 5.0 yaitu gaya jam baru, pop up notifikasi yang berbeda dengan UI sebelumnya, hingga kemampuan untuk memotong video dan memasangnya di lockscreen (layar kunci).

Dengan pembaruan ini, pengguna ponsel Samsung bakal menikmati sejumlah fitur baru, termasuk serangkaian opsi tema warna yang lebih banyak, opsi menggabungkan widget untuk menghemat ruang di layar, kontrol baru untuk memblokir notifikasi dari aplikasi tertentu, dan pengalaman mode Samsung Dex yang ditingkatkan.

Selain pengalaman yang lebih personal, antarmuka ini juga diklaim menawarkan fitur keamanan yang ditingkatkan. Misalnya One UI 5.0 akan memperingatkan pengguna ketika mereka membagikan foto yang mungkin memuat data penting seperti paspor atau kartu identitas lainnya.

Fitur lain meliputi dua jendela split-screen yang bisa disimpan, berbagai mode yang disesuaikan dengan kegiatan pengguna, menambahkan watermark di foto, mengekstrak teks hasil scan dengan kamera ponsel, dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com